Diikuti Seribuan Calon, Ini Jadwal Tahap Pemilihan Anggota BPT se-Tubaba

68

Radartuba.com, TUBABA -Pemilihan Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) Periode 2019-2025 se-Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan berlangsung serentak pada Oktober 2019 mendatang. Berdasarkan data dari Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tubaba, ada 91 tiyuh yang akan menggelar pemilihan anggota dewan tingkat tiyuh tersebut.

Kasubbag Bina Pemerintahan Tiyuh, Yanto, S.Sos, MM menyebutkan, ada seribuan calon BPT yang telah ditetapkan oleh Panitia Pengisian Anggota BPT di masing–masing tiyuh, meliputi calon dari keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan. Sebelum ditetapkan, lanjutnya, seluruh calon anggota BPT sudah mengikuti tahapan yang telah diatur dalam Perbub Nomor 9 tahun 2019 tentang Pedoman BPT, mulai dari pendaftaran, verifikasi berkas, sampai dengan ditetapkannya menjadi calon anggota BPT.

“Sekarang sudah sampai pada tahapan pemilihan. Untuk jadwal pelaksanaannya seluruh tiyuh mengacu pada Surat Keputusan Bupati (SK) Bupati Nomor : B/135/I.01/HK/TUBABA/2019 tentang Penetapan Jadwal dan Tahapan Pengisian Anggota BPT Kabupaten Tubaba Periode 2019-2025,”ungkapnya mendampingi Kabag Tapem Setdakab Tubaba, Somad, SP, saat ditemui radartuba.com di ruang kerjanya, Senin (30/9) siang.

Berdasarkan SK tersebut, lanjutnya, pemilihan BPT untuk keterwakilan perempuan akan dilaksanakan serentak pada tanggal 2 Oktober 2019, sedangkan untuk keterwakilan wilayah tergantung dengan kesiapan tiyuh masing-masing dengan jadwal batas waktu yang sudah tetapkan, yakni tanggal 7-20 Oktober 2019.”Informasi dari seluruh tiyuh menyatakan sudah siap, tinggal pelaksanaannya,”ujarnya.

BACA JUGA:  Tubaba Go, Upaya Wujudkan Kota Cerdas Berbasis Digital

Terkait pemilihan anggota BPT tersebut, Pemkab Tubaba menurutnya akan terjun langsung memantau pelaksanaannya di masing-masing tiyuh guna memastikan pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar.”Pemkab sudah membentuk tim monitoring dan tim ini nantinya akan berkoordinasi dengan kecamatan. Kita berharap semua berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama,”harapnya.

Lebih jauh dijelaskannya, pemilihan tersebut akan menghasilkan nama-nama calon yang berhak mengisi kursi BPT, dengan ketentuan setiap tiyuh minimal 5 dan maksimal 9 anggota BPT, disesuaikan  dengan luas wilayah dan jumlah penduduk tiyuh tersebut.”Berdasarkan ketentuan tersebut, jumlah anggota BPT dari 91 tiyuh tersebut nantinya ada sebanyak 681 orang,”imbuhnya.

Berdasarkan SK Bupati Nomor : B/135/I.01/HK/TUBABA/2019, tahapan pemilihan selanjutnya adalah Penetapan Hasil Penyaringan atau Pemilihan Calon Anggota BPT, baik melalui mekanisme pemilihan langsung atau musyawarah perwakilan (21-23 Oktober). Kemudian, Usulan Calon Anggota BPT Terpilih dari Panitia Pengisian BPT kepada Kepalo Tiyuh dan dari Kepalo Tiyuh ke Camat (24-29 Oktober). Lalu dilanjutkan dengan Usulan kepada Bupati melalui Camat (30 Oktober- 5 November) dan Penetapan SK Peresmian Anggota BPT dengan Keputusan Bupati (6 November-4 Desember).”Untuk pelantikan atau pengucapan sumpah janji anggota BPT dilaksanakan bulan Desember,”pungkasnya. (ded)