Daffa Siswa SMPN2 Mesuji Lomba FLS2N tingkat Nasional

24

Radartuba.com, MESUJI–Muhammad Daffa Satria Amar Habibi (Daffa) merupakan siswa dari SMPN 2 Mesuji yang mewakili provinsi Lampung pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di tingkat Nasional.
Daffa dalam FLS2N tingkat Nasional mengikuti cabang Lomba Desain Poster dari 5 cabang yang di perlombaan dan Kegiatan lomba tersebut berlangsung di Yasmin Hotel Karawaci, Kota Tangerang Jawa Barat yaitu dari tanggal 15-21 September 2019.
Daffa yang beralamat di Gedung Mulya, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji dan duduk di bangku kelas 9 di sekolahnya terpilih untuk mewakili provinsi Lampung setelah melewati proses penyaringan dari tingkat Kabupaten hingga provinsi.
Dukungan mulai dari Pihak Sekolah, Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Provinsi sangat besar kepada Daffa pada kompetisi ini. Siti Muti’ah, S.Pd. I (Muti) yang merupakan guru pendamping Daffa mengaku sangat bangga atas apa yang telah diraih siswanya. “Kita sangat berterima kasih atas dukungan berbagai pihak, dari Sekolah, Pemerintah Kabupaten, Hingga Provinsi, banyak pengalaman yang kita bisa bawa ke sekolah,” ujar Muti saat di temui di sekolah SMP N 2 Mesuji Sabtu (28/9).
Dia menjelaskan Walau belum diberi kesempatan untuk meraih juara dalam kompetisi ini, namun dia mengaku sebagai Guru pendamping cukup bangga dengan terpilih siswanya mewakili Provinsi Lampung di tingkat Nasional.
“Kita sangat bangga, walau belum mendapatkan juara, namun siswa kita (Daffa) mendapatkan posisi 10 besar, artinya prestasi kita cukup bersaing,” ungkapnya.
Muti juga dalam mempersiapkan siswanya sudah maksimal,yaitu Persiapan Daffa sendiri menuju FLS2N ini dimulai setelah seleksi tingkat provinsi pada bulan Juni, “Kita mulai fokus untuk persiapan lomba dari 3 bulan sebelum Lomba, yaitu setelah Daffa lolos di tingkat Provinsi, Daffa berlatih menggunakan petunjuk teknis (Juknis) dari panitia pelaksana,” imbuhnya.
Sementara itu Daffa sendiri saat di mintai keterangan sehingga bisa maju hingga ke tingkat Nasional mengatakan Bakat yang dimilikinya merupakan hobi yang di tekuninya sejak kelas 7 dan itu semua juga berkat dukungan dari kedua orang tuanya.
“Asalnya saya memang hobi bermain game, lama-lama saya ingin sesuatu yang baru, saya mencoba belajar desain grafis secara otodidak pak, itu saya mulai dari kelas 7, orang tua juga sangat mendukung hobi saya ini,” ujar Daffa.
Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 2 Mesuji Suparno S.Pd mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan sehingga sekolahnya bisa mewakili Provinsi Lampung dalam ajang FLS2N.
Dia menambahkan Kesulitan pada saat lomba sendiri terjadi karena perubahan aturan perlombaan pada saat teknikal Meeting (TM), karena banyak perubahan sistem lomba pada saat kompetisi dan ini benar-benar mengasah kreativitas dan mental siswa dalam pelaksanaan, Meskipun belum bisa menjadi juara pihaknya memberikan apresiasi kepada Daffa yang sudah bisa maju hingga ketingkat Nasional.
“Kegiatan lomba FLS2N tingkat nasïonal bidang foster,peserta telah berupaya semaksimal mungkin,namun belum berhasil menyumbangkan medali ,untuk itu kami mohon maaf dan ucapan trimakasih ke semua pihak atas dukungannya hingga kami menjadi peserta tingkat Nasional,” pungkasnya.
Diketahui Daffa menjadi juara lomba Poster FLS2N tingkat proviinsi Lampung Yang diselenggatakan oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Lampung di hotel Asoka dari tanggal 21-24 juni lalu.Dan akhirnya mewakili Provinsi Lampung di dingkat Nasional.Pada kesempatan itu Daffa menjadi juara dengan materi Poster yaitu ekonomi kreatif.(cw1/mis)