Beri Pemahaman Sejarah, SMPN 4 Tuba Udik Gelar Nobar Film G 30 S/PKI

31

Radartuba.com, TUBAUDIK– SMP Negeri 4 Tulang Bawang Udik (Tuba Udik) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar acara Nonton Bareng (Nobar) Film Sejarah Bangsa Indonesia Tahun 1965 dengan Judul Pengkhianatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan G 30 S/PKI. Nobar tersebut berlangsung di halaman sekolah setempat, Senin (30/9) malam dimulai sekitar pukul 19.30 WIB. Kepala sekolah, tenaga pengajar, komite sekolah, siswa, hingga orang tua/wali murid antusias menyaksikan film tersebut.

Dalam Nobar tersebut, dilakukan juga pembacaan ikrar dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila oleh Kepala Sekolah SMPN 4 Tuba Udik. Isi dari ikrar tersebut adalah kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMPN 4 Tuba Udik, Isnaini, S.Pd, MM mengatakan bahwa, Nobar film G 30 S/PKI merupakan sarana efektif untuk mengingatkan masyarakat terutama generasi muda khususnya para siswa di sekolah tersebut agar mengetahui sejarah Bangsa  Indonesia dan pentingnya menjaga ideologi negara serta ikatan kebangsaan dari bahaya komunisme dan anasir-anasirnya.”Tujuan utamanya adalah untuk membangun dan mengokohkan rasa nasionalisme terutama untuk generasi muda, menanamkan kepada mereka betapa beratnya perjuangan mempertahankan Republik Indonesia hingga nyawa taruhannya,”ungkapnya.

BACA JUGA:  Dukung Keamanan, Islamik Center Tambah CCTV

Dia berharap, acara nobar film yang menceritakan episode kelam kekejaman PKI, yang membunuh para jenderal, umara, dan ulama di masa lalu ini menjadi semangat dan patriotisme generasi bangsa terutama pelajar SMPN 4 Tuba Udik sehingga dapat mengambil hikmahnya dalam Pelajaran Sejarah Bangsa. 

“Selain itu, agar generasi penerus semakin kuat untuk menjaga ideologi bangsa dan negara dari ancaman anasir-anasir jahat seperti yang pernah dilakukan oleh PKI dahulu, sebab dengan berbekal nasionalisme yang kuat bangsa ini akan tetap terjaga dan berdiri kokoh,”tukasnya. Khusus kepada siswa  SMPN 4 Tuba Udik, Isnaini juga berpesan agar memahami apa yang menjadi inti dalam Film G 30 S/PKI dan anak didik membuat resume/rangkuman inti dari cerita film tersebut sebagai bahan untuk pelajaran sejarah. (ded)