Pentingnya Penguatan Nilai-Nilai Integritas Dalam Penegakan Etika dan Profesionalitas ASN

221

Radartuba.com, TUBABA– Penegakan etika dan integritas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu perhatian khusus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Salah satu langkah yang dianggap penting untuk dilakukan adalah dengan penguatan nilai-nilai integritas ASN agar profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara sekaligus pelayan masyarakat.

Hal ini ditegaskan oleh Iskandar, SE, MM, Sekretaris Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Tubaba  saat berbincang-bincang terkait Proyek Perubahan (Proper) Peserta Diklatpim III Angkatan II Tahun 2019 asal bumi Ragem Sai Mangi Wawai.”Landasan utama untuk terbentuknya pemerintahan yang akuntabel, transparan, dan pelayanan prima   adalah Penguatan Etika dan Integritas jajaran Birokrasi,”ungkapnya kepada radartuba.com di ruang kerjanya, Kamis (26/9).

Menurutnya, tuntutan masyarakat terhadap jajaran birokrasi sebagai penyelenggara pemerintahan dan pelayan masyarakat saat ini semakin gencar dan kuat, yakni untuk dapat menyelenggarakan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berkualitas.”Termasuk di antaranya adalah memberikan layanan publik yang prima, serta mengelola sumber daya publik secara akuntabel, dan transparan, serta bebas dari segala bentuk penyalahgunaan,”terangnya.

BACA JUGA:  Tangkal Radikalisme, Kesbangpol Tingkatkan Pengawasan Orkemas

Maka dari itu, lanjutnya, upaya penegakan etika dan integritas di jajaran pemerintah sangat penting dilakukan agar perilaku jajaran birokrasi sesuai dengan tuntutan tugas dan fungsinya sebagai pelayan  masyarakat, sehingga masyarakat memperoleh layanan publik yang berkualitas dan dapat diandalkan.”Dengan begitu, masyarakat memperoleh perlakuan yang adil dan non-diskriminatif secara hukum, Asset-aset publik dan kekayaan negara dikelola dan dimanfaatkan secara efektif, efisien, dan taat asas. Lebih dari itu, pengambilan keputusan atau kebijakan publik bersifat transparan dan terbuka, serta tersedia mekanisme bagi masyarakat untuk mengkritisinya,”ulasnya.

Atas dasar itulah, Sekretariat KORPRI sebagai wadah berhimpunnya ASN di Kabupaten Tubaba memandang perlu untuk memfasilitasi penguatan nilai-nilai integritas anggota Korpri guna meningkatkan profesionalitas anggota dalam rangka terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik.”Dengan penguatan nilai-nilai integritas tersebut diharapkan dapat terwujudnya aparatur yang profesional, berintegritas, netral, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN). Dan tentunya memiliki kompetensi sesuai bidangnya serta berkinerja dan berdisiplin tinggi dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi,”pungkasnya. (ded)