13 Proper Diklatpim III Di Launching

22

Radartuba.com, TUBABA– Sebanyak 13 Proyek Perubahan (Proper) Peserta Diklatpim III angkatan II tahun 2019 asal Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) secara resmi dilaunching. Peluncurannya tersebut dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Proper Diklatpim III angkatan II tahun 2019 di Aula Utama Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tubaba, Selasa (24/9).

Proper yang dilahirkan oleh para peserta Diklatpim III tersebut merupakan sebuah gagasan untuk perubahan yang diharapkan dapat diterapkan di unit kerja masing-masing. Ketiga belas proper tersebut yakni Pengembangan E-Office Sistem Pelayanan Surat Elektronik (Simpanse) pada Bagian Umum Sekretariat Daerah; Penerapan Transaksi Non Tunai Berbasis QR Code Payment pada Bagian Tata Usaha Keuangan Sekretariat Daerah.

Pengelolaan Program Bina Mental Keagamaan Berbasis Media Sosial pada Bagian Sosial Sekretariat Daerah; Klinik Konsultasi Hukum Peraturan di Tiyuh (Sikkefpatuh) pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah; Pengembangan Layanan E-Mantra (Maju Sejahtera) pada Bappeda Kabupaten Tubaba; Pengembangan Layanan Kenaikan Pangkat Pilihan Berbasis Digital pada Badan Kepegawaian, Diklat Daerah Kabupaten Tubaba.

Selanjutnya, Penerapan Nilai Integritas Anggota Korps ASN RI pada Sekretariat Pengurus Korps ASN RI Kabupaten Tubaba; Optimalisasi Arsip Kepegawaian pada Badan Kesbangpolda Kabupaten Tubaba; Upaya Pengendalian Penduduk dengan Mewujudkan Pos KB pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tubaba; Pendampingan Berbasis Pemberdayaan Obyek Pemeriksaan (Obrik) pada Inspektorat Kabupaten Tubaba.

Penanganan Pengaduan Masyarakat (Pandumas) pada Inspektorat Kabupaten Tubaba; Pengembangan Layanan Humas dan Informasi Berbasis Medsos pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh Kabupaten Tubaba; dan Sistem Pelayanan Jemput Antar Akta Perkawinan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tubaba.

Bupati Tubaba, Hi. Umar Ahmad SP mengapresiasi para ASN yang melalui keikutsertaannya pada Diklatpim III telah melahirkan berbagai gagasan untuk perubahan, yang diharapkan dapat diterapkan di unit kerja masing-masing.“Proper ini selaras dengan tuntutan bahwa ASN di era saat ini memang harus melahirkan inovasi dan gagasan, serta memiliki kemampuan manajerial dan taktikal, sehingga ASN sebagai agen perubahan dapat melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik,” kata bupati dalam sambutan tertulisnya.

BACA JUGA:  Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden, Bupati Umar Ahmad : Ayo Isi Kemerdekaan Dengan Kerja Nyata Untuk Indonesia Maju

Menurutnya, Dilkatpim III ini sangat baik dan penting, sebab selain dalam rangka pembentukan karakter ASN yang berinovasi dan kaya akan gagasan, ada sisi penting bagaimana seorang ASN dapat mengubah pola pikir (mindset) dimana dia harus berusaha semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat, meningkatkan upaya mewujudkan komitmen pembelejaran tanpa akhir agar dapat bekerja bertanggung jawab secara profesional.“Jangan takut melakukan inovasi, karena kemampuan berinovasi akan membedakan antara seorang pemimpin dan seorang pengikut,”cetus Bupati.

Sementara, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Tubaba Agus Subagio, S.Sos mengatakan kegiatan Sosialisasi, Bimbingan Teknis, dan Launching Proper Diklatpim III angkatan II tahun 2019 ini dimaksudkan guna meningkatkan kinerja pelayanan publik, terlaksananya tugas, kewenangan dan kewajiban pemerintah daerah dalam rangka pendampingan, pembinaan, dan pengawasan kepada pemerintah tiyuh.“Program Perubahan (Proper) Diklatpim III dan kegiatan ini dimaksudkan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah daerah dan pemerintah tiyuh yang baik, bersih, dan efektif,”tandasnya.

Berdasarkan pantauan, kegiatan tersebut diisi oleh beberapa narasumber, antara lain Kepala Bagian Hukum Setdakab Tubaba Sofyan Nur, S.Sos, M.IP, STMIK DCC Kotabumi Ferly Ardhi, S.Kom,M.Ti,MOS, dan AMIK DCC Kotabumi Ganesis Alexander,S.Kom, serta dihadiri Kasi Datun Kejaksaan Negeri Menggala Muhammad Ali Qadari, SH.MH, para peserta Diklatpim III, para camat, dan seluruh kepalo tiyuh dan perangkatnya. (ded)