Besok, Mantra Tubaba di Launching

28

Radartuba.com, TUBABA-Program Maju dan Sejahtera Kabupaten Tulang Bawang Barat (Mantra Tubaba) yang merupakan salah satu program unggulan gagasan Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP, akan di launching, besok (18/9). Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dikabarkan bakal menghadiri peluncuran program pengentasan kemiskinan yang akan berlangsung di Komplek Islamik Center Tubaba tersebut.

Melalui program ini Pemkab Tubaba akan merealisasikan bantuan langsung non tunai yang ditujukan kepada 13.250 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Setiap RTS akan menerima bantuan berupa uang sebesar Rp500 ribu/RTS yang penyalurannya akan dilakukan melalui bank. Dalam hal ini, Pemkab Tubaba bekerjasama dengan 3 (tiga) bank, yakni Bank Lampung, Bank BNI, dan BPRS Tani Tubaba.

Informasi yang didapat dari Kantor Sekretariat Mantra Tubaba di Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Pemkab Tubaba dipimpin oleh Sekdakab Herwan Sahri, SH, M.AP sedang melakukan audiensi di Kemensos RI – Jakarta dalam rangka pemaparan Program Mantra Tubaba. Ikut dalam rombongan tersebut Asisten bidang Pemerintahan Agus Subagio, S.Sos, Kepala Dinas Sosial M.Rasidi, SH, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial M. Yusuf, SH, dan M.Khairul Idaman selaku Koordinator PKH Tubaba.

“Ya benar, kami hari ini ke Kemensos RI dalam rangka audiensi terkait Program Mantra Tubaba. Kedatangan kami disambut Direktur Fakir Miskin Wilayah I Kemensos RI. Alhamdulillah, program yang telah kita paparkan tersebut mendapat tanggapan baik dari Kemensos,”ungkap M. Yusuf, SH, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Tubaba saat dikonfirmasi radartuba.com melalui ponsel, Selasa (17/9) sekitar pukul 15.30 WIB.

BACA JUGA:  Generasi Muda Harus Berkarakter dan Punya Jati Diri

Mengenai acara launching besok, Yusuf menyatakan bahwa saat ini hanya tinggal pemantapan di lokasi acara. Dalam acara itu, lanjutnya, akan dilakukan Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemkab Tubaba dengan pihak bank penyalur bantuan, serta penyerahan bantuan dan pemasangan atribut pemantra secara simbolis.”Acara launching Mantra Tubaba akan dimulai pukul 09.00 WIB. Kita berharap acara berjalan lancar dan sukses,”tutupnya.

Diketahui, Program Mantra Tubaba yang baru digulirkan perdana tahun ini adalah dalam rangka pengentasan kemiskinan yang ditujukan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM), khususnya yang belum terakomodir oleh program bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Basis data yang digunakan mengacu pada BDT (Basis Data Terpadu) yang dikeluarkan oleh Kemensos (Kementerian Sosial) RI, yang selanjutnya dilakukan proses verifikasi dan validasi terhadap data yang ada tersebut. (ded)