Pemkab Tubaba Terima Hibah 2 Unit Damkar dari JFA-Jepang

458
Penyerahan hibah damkar dari JFA-Jepang kepada Pemkab Tubaba di Pelabuhan Yokohama-Jepang, Sabtu (14/9) pukul 11.00 waktu setempat atau sekitar pukul 09.00 WIB. Foto Ist

Radartuba.com, TUBABA- Japan Firefighter Association (JFA-Jepang) menghibahkan 2 (dua) unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) kepada Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Hibah ini merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Tubaba yang difasilitasi oleh Klinik Fasilitasi CSR (KFC TUBABA) dengan OISCA ( Organization for Industrial, Spiritual and Cultural Advancement) Kumamoto- Jepang, organisasi yang salah satunya bergerak pada peningkatan sumber daya manusia di bidang sosial budaya, lingkungan hidup, dan bidang pendidikan.

Informasi yang didapat dari Ketua Sekretariat KFC TUBABA Achmad Nazaruddin,S.IP, M.IP, penyerahan hibah damkar dari JFA-Jepang kepada Pemkab Tubaba ini berlangsung di Pelabuhan Yokohama-Jepang, Sabtu (14/9) pukul 11.00 waktu setempat atau sekitar pukul 09.00 WIB. Bantuan hibah tersebut diserahkan oleh Kazuhiro Shimomura selaku perwakilan JFA-Jepang, didampingi Dicky Fatahillah dari OISCA Kumamoto Perwakilan Indonesia. 

“Bantuan ini terima langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (SatPol-PP) Kabupaten Tubaba Bapak Drs. Sujatmiko, didampingi saya dan Kasi Pencegahan Kebakaran Bapak Sudomo,SE,”ungkap Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP, Ketua Sekretariat KFC Tubaba yang juga selaku Kabid Perencanaan Perekonomian pada Bappeda Tubaba kepada radartuba.com melalui pesan whatapps, sekitar pukul 10.30 WIB.

BACA JUGA:  Polres Tuba Gelar Gotong-Royong Rumah Ibadah dan Baksos

Dijelaskannya, bantuan hibah ini melalui proses yang cukup panjang, mulai dari pengajuan hibah yang secara administrasi dilakukan oleh KFC TUBABA pada Oktober 2018 lalu, hingga akhirnya terjalin kerjasama dengan OISCA Kumamoto-Jepang, termasuk koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selaku fasilitator hibah luar negeri.”Saat ini tahapan hibah sedang menunggu dokumen hibah yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Bina Adwil Kemendagri. Setelah itu selesai, unit damkar tersebut akan langsung dikirim ke Kabupaten Tubaba,”terangnya.

Sementara itu, Kepala SatPol-PP Tubaba Drs. Sujatmiko mewakili Pemkab Tubaba menyampaikan ucapan terima kasih kepada JFA-Jepang yang telah memberikan hibah tersebut, begitu juga dengan pihak OISCA Kumamoto-Jepang yang bersedia menjalin kerjasama sehingga bantuan hibah tersebut dapat terealisasi.”Yang jelas, hibah damkar ini akan bermanfaat di Tubaba, mengingat armada kita memang masih kurang dengan luasnya cakupan wilayah yang harus dijangkau dalam pelayanan,”singkatnya. (ded)