Harga Singkong di Mesuji Rp.1.170/kg

143

Radartuba.com, MESUJI--Pertanian singkong merupakan jenis tanaman yang cukup diminati oleh masyarakat Lampung tak terkecuali masyarakat di Kabupaten.Namun sayang meski terjadi penurunan hasil produksi ditingkat petani karena kemarau harga singkong khususnya di kabupaten Mesuji yang sebelumnya sempat sampai pada harga Rp.1.400 sekarang hanya Rp.1.170/Kg.

Menurut Eka salah satu petugas bagian timbangan di lapak Tani mulyo yang berlokasi di jalan ZA Pagar Alam Simpang Mesuji Kecamatan Simpang Pematang saat musim kemarau terjadi penurunan hasil produksi ditingkat petani dan itu berdampak pada hasil pembelian menurun dilapaknya bahkan penurunannya mencapai sampai 50 persen.

“Ya untuk saat ini kita membeli dengan harga 1.170.00,/Kg.Dan dalam kondisi kemarau seperti ini singkong yang masuk ke lapak kita lebih kurang 100 ton pak, kalau sudah hujan biasanya sampai 200 ton, perharinya,” Jelas Eka kepada Radar Tuba saat ditemui dilapaknya rabu (11/9).

Menurut Eka Singkong merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh dan bisa bertahan di kondisi kemarau seperti yang terjadi sekarang.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan RSUD RBC Mesuji Segera Miliki UTD

Pertanian singkong sendiri dipilih karena cukup menjanjikan, serta pengolahan dan perawatannya cukup sederhana dan hasilnya menjanjikan saat perawatan dilakukan dengan baik.

“Biasanya petani menunggu hujan turun, agar lebih mudah mencabutnya serta tidak sulit para petani mendapatkan bibit dan saat musim hujan singkong lebih gampang tumbuh,kita berharap hujan akan segera turun dan para petani singkong bisa meningkatkan hasil panennnya.

Eka juga menambahkan penanaman singkong sampai proses panen dari mulai pengolahan lahan hingga panen lebih kurang dari 7 sampai 12 bulan tergantung kondisi cuaca serta petani mau berapa bulan usia singkongnya dicabut.Saat kemarau memang terjadi penurunan hasil produksi.

Sedangkan untuk Singkong yang di terima di lapaknya Eka mengaku di dapat dari pemborong dan sebagian dari petani langsung. Menurutnya untuk saat ini harga singkong masih stabil.

” Untuk kondisi sekarang harga stabil kita menerima singkong dengan harga Rp. 1.170.00, kita sesuaikan dengan harga pabrik, biasanya kita ngirim singkong ke PT BW, Lambang” pungkasnya (cw1/mis)