Enam Fraksi DPRD Tubaba Terbentuk

66

Radartuba.com, TUBABA– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengumumkan pembentukan fraksi DPRD setempat dalam rapat paripurna di ruang sidang Gedung DPRD, Rabu (4/9) sekitar pukul 10.00 WIB. Ada 6 (enam) fraksi yang terbentuk dari 8 (delapan) partai yang memperoleh kursi di DPRD Tubaba. Empat fraksi utuh, sedangkan dua fraksi merupakan gabungan dari 4 (empat) partai ( tiap fraksi terdiri dari 2 partai).

Keempat fraksi yang utuh yakni Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan dua fraksi gabungan yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) membentuk Fraksi Hanura Perindo, sementara Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membentuk Fraksi Partai Amanat Kebangsaan.

“Gabungan ini dilakukan karena partai bersangkutan tidak memperoleh kursi yang cukup untuk jumlah 30 kursi di DPRD sesuai yang diatur dalam perundang-undangan pada PP 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, dan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,”terang Sekretaris Dewan DPRD Tubaba Nurmansyah, SE, MM didampingi Kabag Risalah dan Persidangan Mulyakin kepada wartawan seusai rapat tersebut.

Nurmansyah memaparkan, untuk Fraksi PDIP diketuai Nadirsyah, wakil ketua Ansyori, sekretaris Rubiono dan anggota Ponco Nugroho, Arib, Kadarsyah, dan Sukardi. Fraksi Partai Demokrat diketuai Paisol, wakil ketua Raden Anwar, sekretaris Eka Setiawati, dan anggota Busroni, Muammil, dan Didik Subandrio. Fraksi Partai Nasdem diketuai Sobri, wakil ketua Gunawan Agung Kuncoro, sekretaris Wawan Irawan, dan anggota Sadimin dan S Joko Kuncoro.

BACA JUGA:  Flu Burung Mewabah Di Tubaba, Disnak Intensifkan Pengendalian

Selanjutnya, Fraksi Partai Gerindra diketuai Yantoni, wakil ketua Arya Saputra, sekretaris M Redi Setiawan, dan anggota Dedi Robinsyah. Fraksi Partai Hanura Perindo diketuai Marzani, wakil ketua Sudirwan, sekretaris Ahmad Ridwansyah, dan anggota Roni dan Hairul Amin. Partai Amanat Kebangsaan diketuai Rusli, sekretaris Sugito, dan anggota Asep Priwanto.”Fraksi-fraksi ini merupakan usulan dari partai, karena sebelumnya sekretariat dewan juga sudah bersurat kepada 8 partai yang memperoleh kursi di DPRD Tubaba. Maka, hari ini dibentuk dan diumumkan dalam rapat paripurna internal,”paparnya.

Selain membentuk fraksi, lanjut Nurmansyah, dalam rapat paripurna internal tersebut juga membentuk Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib DPRD yang bertugas melakukan penyusunan, pembahasan, dan perumus peraturan DPRD tentang Tata Tertib tersebut.”Inilah dua tugas yang sudah dilaksanakan pimpinan sementara DPRD Tubaba sesuai dalam PP Nomor 12 tahun 2018 pada pasal 34 bahwa pimpinan sementara mempunyai 4 tugas yakni memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD (Tatib), dan memproses penetapan pimpinan definitif. Kedepan kita akan memproses pimpinan definitif DPRD, mudah-mudahan tidak terlalu lama,”pungkasnya. (ded)