200-an Calon Warga PSHT Ikuti Tes Jago, Hi. Supeno : Media Motivasi dan Pemahaman Tentang Pengorbanan

345

Radartuba.com, TUBABA– Sebanyak 200-an siswa Calon Warga Baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) antusias mengikuti Tes Jago yang diadakan oleh gabungan 3 (tiga) Ranting, yakni Ranting Tulang Bawang Udik , Tumijajar, dan Tulang Bawang Tengah. Kegiatan yang merupakan syarat wajib sebelum resmi disahkan menjadi warga salah satu organisasi Pencak Silat tersebut berlangsung di Kelurahan Daya Murni, Kecamatan Tumijajar, Minggu (25/8).

Ketua Cabang PSHT Kabupaten Tubaba, Hi. Supeno, SH.I mengatakan, berbagai tahapan harus dilalui sebelum resmi menyandang predikat Warga PSHT Tingkat I, termasuk Tes Jago yang merupakan salah satu tahapan akhir yang wajib diikuti oleh setiap calon warga PSHT.”Mulai dari sabuk polos (Hitam) sampai dengan Tes Jago ini adalah tahapan yang harus dilalui seorang siswa sebelum menjadi Warga PSHT. Jadi, mengikuti Tes Jago ini adalah salah satu syarat menjadi warga PSHT,”ungkapnya saat temui radartuba.com disela-sela tes jago tersebut.

Dia menjelaskan, selain sebagai syarat, Tes Jago merupakan salah satu cara untuk memberikan motivasi dan pemahaman kepada calon warga tentang arti sebuah pengorbanan, sekaligus untuk mengetahui dan memastikan kesiapan siswa calon warga menyedekahkan Ayam Jago tersebut dalam Prosesi Pengesahan menjadi warga PSHT nanti.”Yang jelas ini untuk mengetahui sejauh mana pengorbanan calon warga tersebut, yang dalam hal ini menggunakan media Ayam. Nanti bisa dilihat watak dan sifat calon warga PSHT tersebut,”terangnya.

Lebih jauh dia berharap, calon warga PSHT di Tubaba dapat menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur.”Perlu diketahui, ajaran PSHT adalah ajaran berbudi luhur. Untuk itu saya berharap mereka nantinya dapat mengamalkannya dan menjadi Warga PSHT yang berbudi pekerti luhur, tahu benar dan salah. Jika semua warga menjalankan ajaran itu, saya yakin tidak akan timbul konflik,”harapnya.

BACA JUGA:  Bupati Umar Ahmad Resmikan Fasilitas MCK Pamsimas III 2018

Selain itu, Hi. Supeno juga berharap kepada seluruh warga PSHT di Tubaba agar tetap menjunjung tinggi organisasi karena pada dasarnya organisasi memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) dan tidak akan bertentangan dengan pemerintah.”Artinya, kalau warganya tetap bersatu padu dengan organisasi, saya yakin tidak akan bertentangan dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”tegasnya.

Terkait jumlah calon warga baru se-Tubaba, Hi. Supeno menyebutkan bahwa tahun 2019 ini ada sekitar 800-an calon warga yang akan mengikuti wisuda (pengesahan).”Kita berharap, semua berjalan lancar sampai dengan acara pengesahan selesai,”imbuhnya. Diketahui, Wisuda Pengesahan Warga Tingkat I PSHT di Tubaba akan diselenggarakan dalam dua gelombang di lokasi berbeda. Wisuda calon warga wilayah utara akan berlangsung di Gedung Pusdiklat PSHT Tubaba di Tiyuh Mekar Sari Jaya, Kecamatan Lambu Kibang pada tanggal 18-19 September 2019. Sementara wilayah selatan akan digelar di GOR Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah pada tanggal 19-20 September 2019. (ded)