Lampu Jalan Hibah Pemprov DKI Jakarta Dukung PJU di Tubaba

250

Radartuba.com, TUBABA– Bantuan hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) berupa Armature Lampu Jalan 70 Watt akan dimanfaatkan untuk menunjang Penerangan Jalan Umum (PJU) di daerah setempat. Tahap pertama ini, sudah diterima sebanyak 1.750 unit lampu siap pasang. Sesuai Peraturan Gubernur  DKI Jakarta yang mengatur tentang hibah tersebut, total akan ada 5000 unit lampu yang akan diberikan untuk Kabupaten Tubaba.

Kabid Perencanaan Perekonomian pada Bappeda Tubaba, Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP, mengatakan, kondisi lampu yang dihibahkan ke Tubaba memang sudah terpakai sebelumnya, namun dia memastikan semua unit masih dalam kondisi baik dan siap pasang.”Sebelum diberikan kepada kita, lampu-lampu tersebut sudah diperbaiki terlebih dahulu. Jadi, semuanya siap pasang,”ungkapnya saat ditemui radartuba.com di ruang kerjanya, Rabu (21/8)

Pihaknya belum bisa memastikan, lampu-lampu tersebut akan dipasang pada titik mana saja. Namun menurutnya, kemungkinan akan diutamakan pada daerah-daerah rawan kecelakaan dan rawan kriminalitas, serta usulan dari bawah.”Yang jelas masih akan dirapatkan terlebih dahulu dengan pimpinan dan instansi. Kita juga belum bisa memastikan siapa SKPD teknis yang akan diberi mandat mengelola lampu hibah ini,”terangnya.

BACA JUGA:  Wujudkan Obat dan Makanan Yang Aman, Pemkab Tubaba Dukung Advokasi Loka POM

Mengenai proses pengajuan sampai diperolehnya bantuan hibah lampu tersebut, Nazar menjelaskan bahwa kebijakan Pemprov Jakarta mengganti lampu jalan yang ada disana dengan lampu jenis LED menjadi peluang awal bagi Pemkab Tubaba untuk mengajukan hibah lampu tersebut.”Setelah adanya kebijakan tersebut, kita mencoba berkomunikasi dengan Pemprov Jakarta dan mengajukan untuk mendapatkan hibah lampu itu melalui Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta akhir 2018 lalu. Bahkan kita juga sempat rapat bersama mereka dan alhamdulillah akhirnya Tubaba mendapatkannya,”ulas dia.

Saat ini, pihaknya hanya tinggal menunggu lampu hibah tersebut sampai jumlahnya cukup 5.000 unit, mengingat pengirimannya dari Jakarta ke Tubaba dilakukan bertahap.”Disana jugakan proses, mulai dari pencopotannya sampai perbaikan bagi unit yang mengalami kendala. Makanya tahap pertama baru ada 1.750 unit. Yang jelas, bantuan hibah lampu penerangan jalan ini nantinya akan bermanfaat dalam menunjang penerangan jalan di daerah ini,”tukasnya. (ded)