Tiwul Mocak Karya Tim PKK Tiyuh Marga Jaya

36

Radartuba.com, Tubaba– Indonesia terkenal dengan jenis makanan tradisional yang beraneka ragam, salah satunya adalah nasi tiwul. Nasi tiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang terbuat dari singkong,tasi tiwul yang berwarna kecoklatan memiliki tekstur pera (tidak lembek), kenyal dan agak sedikit manis. Selain memiliki rasa dan tekstur yang khas, ternyata nasi tiwul juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Hal ini juga yang di kembangkan oleh Tim penggerak PKK Tiuh Marga Jaya kecamatan Gunung Agung melestarikan makanan tradisonal yaitu tiwul.

Nyonya Boyman selaku ketua tim penggerak PKK menjelaskan. “Kami dan tim PKK yang ada di kampung Marga jaya mengembangkan usaha indrustri rumahan berupa makanan tradisonal yaitu tiwul.

BACA JUGA:  461 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka 2020, Kabid Pora : Seleksi Dilakukan Dengan Ketat dan Objektif

Tiwul produksi rumahan tim penggerak PKK ini kami beri nama tiwul mocak.

Lanjut nyonya boyman ” mungkin tiwul ini sudah jarang kita jumpai di pasar-pasar modern oleh kerena itu kami tim PKK tiyuhh Marga Jaya mengembangkannya karena banyak sekali manfaatnya untuk tubuh yaitu menghambat Sel-sel kanker. Menurut beberapa penelitian kesehatan, kandungan asam butirat yang terdapat dalam nasi tiwul bisa menghambat berkembangnya sel-sel kanker,menjadi sumber tenaga,mengandung nutrisi yang berrguna bagi tubuh kiita dan juga dapat sebagai makanan pilihan untuk diet,tuturnya.

“Semoga kedepannya Tiwul produksi kami bisa memenuhi pasok pasar kerena banyak sekali manfaatnya bagi tubuh” tutup nyonya boyman kepada redaksi harian Radar Tuba.(zal)