Kwarran Gedungaji Baru Laksanakan Upacara Peringatan HUT ke-58 Pramuka

70

Radartuba.com, Gedungaji Baru – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-58 Pramuka Kwartir Ranting Gedungaji Baru Kwartir Cabang Tulang Bawang menyelenggarakan upacara bendera pada Rabu, 14 Agustus 2019.

Kegiatan yang selalu diperingati setiap tanggal 14 Agustus, tahun ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola “Ganesha” Kampung Sidomukti Kecamatan Gedungaji Baru Kabupaten Tulang Bawang.

Upacara diikuti oleh Kamabiran, Ka Kwarran dan jajaran pengurus, Kamabigus, para pembina, dan anggota pramuka se-Gedungaji Baru. Upacara berlangsung secara sederhana namun khidmat.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Camat selaku Kamabiran Gedungaji Baru, Agus Waluyo, S. H.

Dalam sambutannya Agus Waluyo mengucapkan selamat HUT Pramuka kepada seluruh peserta upacara.

“Tema HUT ke-58 Pramuka tahun 2019 ini adalah Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Selanjutnya saya juga ingin mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-58 Pramuka, semoga jiwa gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam rangka berkarya, pak dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga NKRI yang kita cintai ini”, demikian Camat Agus Waluyo mengawali sambutannya.

Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka tahun ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bhakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri” kegiatannya meliputi, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bhakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bhakti di antaranya pencetusan Komitmen gerakan Pramuka untuk mengurangi Sampah Plastik, aksi bersih dari sampah, aksi bersih dari polusi, pak mengadakan penghijauan dan lain-lain.

BACA JUGA:  Penyematan Mahkota "King dan Queen" Tutup MPLS di SMPN 3 Penawartama

“Terakhir saya ingin berpesan kepada segenap anggita Gerakan Pramuka di Kecamatan Gedungaji Baru, teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Ingatlah selalu Hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila,” demikian Agus Waluyo mengakhiri sambutannya.

Setelah menyampaikan sambutannya Camat Agus Waluyo berkenan mengukuhkan dan menyematkan tanda pangkat laksana kepada Laily Mutmainah dan bantara kepada Ahmad Yunus. Keduanya adalah siswa SMAN 1 Gedungaji Baru. Pengukuhan itu disaksikan langsung oleh Sekcam Suwardi,S.Pd. dan Ka Kwarran Gedungaji Baru Nurhadis, S. Pd.

Setelah kegiatan upacara selesai, Ka Kwarran Nurhadis mengajak kepada seluruh anggota pramuka Gedungaji Baru untuk melakukan aksi nyata membersihkan tempat upacara dari sampah, baik sampah plastik maupun sampah lainnya. ( rus/ogi )