Tim Kemenkes Lakukan Verifikasi, Pemkab Optimis Tubaba Meraih Swasti Saba Padapa

37

Radartuba.com,  TUBABA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) optimis target meraih penghargaan Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Padapa tahun ini dapat terwujud. Diketahui, Swasti Saba merupakan penghargaan untuk kota maupun kabupaten sehat yang terbagi dalam tingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

Optimisme itu mengiringi kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dan Tim Pendamping dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ke bumi Ragem Sai Mangi Wawai. Kedatangan tim dalam rangka penilaian ini mendapat sambutan hangat dari Pemkab Tubaba di Ruang Rapat Utama Bupati, Rabu (14/8).

Untuk ketahui, Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten Kota yang bersih, nyaman, aman dan Sehat untuk di huni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah Kabupaten/Kota.

“Dengan adanya verifikasi yang di lakukan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini, kita berharap Kabupaten Tubaba dapat menerima penghargaan Swasti Saba Padapa,”ungkap Perana Putera, SH, MH, Asisten bidang Administrasi Umum Setdakab Tubaba disela-sela kunjungan tim verifikasi kemenkes tersebut.

BACA JUGA:  Jadi Motivator Yudisium Unila, Fauzi Hasan Ingatkan Pentingnya Mengenal Potensi Diri

Menurutnya, pelaksanaan kota sehat di Kabupaten Tubaba merupakan sebuah program prioritas di bidang sosial ekonomi budaya yang dilakukan dalam rangka penempatan masyarakat sebagai pelaku pembangunan melalui pembentukan atau pemanfaatan Forum Kabupaten Tubaba Sehat. Pembentukan Forum Kabupaten Sehat itu sendiri didasari oleh Peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan No.1138/Menkes/PB/VIII/ 2005 Tentang Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat. 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan ini juga menjelaskan bahwa forum tersebut adalah wadah untuk mewujudkan kabupaten kota sehat yang di fasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota. Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa pelaksanaan kabupaten/kota sehat diwujudkan dengan menyelenggarakan semua program yang menjadi permasalahan di daerah secara bertahap dimulai dengan kegiatan prioritas.”Targetnya adalah kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, serta kehidupan masyarakat yang mandiri dan sehat yang berujung pada meningkatnya produktivitas dan perekonomian masyarakat di daerah ini,”tukasnya. (ded)