Kupon Mudahkan Distribusi Daging Kurban

15

Radartuba.com, TUBABA-Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M serentak dilaksanakan pada Minggu (11/8), diawali dengan pelaksanaan Shalat Id yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, baik di Masjid, Mushola, tempat pemotongan hewan kurban, ataupun secara pribadi di rumah-rumah warga yang melaksanakan kurban. Sama halnya didaerah lainnya, masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) juga sangat antusias mendatangi tempat-tempat penyembelihan hewan kurban untuk mendapatkan daging gratis pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Tingginya antusias masyarakat terlihat dari mereka yang rela antre untuk mengambil bagian daging kurban, bahkan tak jarang dari mereka yang datang ke tempat penyembelihan hewan kurban sebelum waktu pembagian berlangsung. Namun demikian, panitia kurban tampaknya sudah menyiasati hal itu agar pendistribusian daging tetap berjalan tertib, dengan menyiapkan kupon pengambilan daging kurban yang telah di bagikan kepada warga penerima beberapa hari sebelum pemotongan hewan kurban dilaksanakan. Tapi tak jarang pula di sebagian wilayah masih membagikannya langsung tanpa menggunakan kupon.

“Kami menggunakan kupon ini agar dalam pengambilannya tidak semrawut (acak-acakan) mas. Kalau seperti ini, pendistribusian daging kurban bisa berjalan tertib, karena bagi yang tidak mendapatkan kupon maka tidak kebagian. Kami selaku panitia juga obyektif dan merata dalam menentukan warga yang layak mendapatkan daging kurban,”ungkap Mul (40) salah satu anggota Panitia Kurban di RK 1 RT 5 Tiyuh Persiapan Gading Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Udik saat berbincang-bincang dengan radartuba.com disela-sela pemotongan hewan kurban, pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Menurutnya, dengan adanya kupon tersebut, masyarakat tinggal datang ke tempat pemotongan hewan dan menukarkan kupon tersebut dengan daging yang memang sudah dalam bungkusan.”Jadi panitia tidak kerepotan walaupun yang kebagian juga banyak. Dengan seperti ini, yang pasti pembagiannya tidak akan keliru atau salah,”terangnya seraya menyebutkan bahwa hewan kurban yang disembelih di lingkungan tersebut berjumlah 11 ekor, terdiri dari 1 ekor Sapi dan 10 ekor Kambing.

BACA JUGA:  Penggalangan Dana Firly dan Hariyanto Terkumpul 24 Juta

Dia juga menyatakan, jumlah hewan kurban khusus di lingkungannya tahun ini cukup banyak.”Alhamdulillah tahun ini meningkat, sebab di lingkungan sini sudah berjalan dua tahun ini ada arisan hewan kurban. Belum lagi ditambah dari kurban warga yang tidak ikut arisan. Yang jelas, hari raya kurban ini menjadi momen untuk berbagi, dan kita bersama-sama berdo’a agar kurban tahun ini membawa berkah bagi kita semua dan menjadi amalan yang baik dan diterima oleh Allah SWT,”harapnya.

Sementara itu, Adi (27) warga Kelurahan Daya Murni Kecamatan Tumijajar mengatakan bahwa, dengan adanya kupon daging kurban sangat memudahkan warga mendapatkan daging kurban.”Lebih tertib kalau menggunakan kupon, karena sudah pasti mendapatkan daging kurban. Walaupun antri, tidak perlu khawatir karena panitia pasti menyiapkannya sesuai dengan kupon yang dibagikan dan daging kurban diberikan kepada warga yang memegang kupon,”singkatnya. (ded)