Kemarau, Cegah kebakaran BPBD Mesuji, Imbau masyrakat untuk berhati-hati

109

Radartuba.com, MESUJI--Untuk mencegah terjadinya kebakaran di musim kemarau tahun 2019 ini, Badan penanggulangan Bencana daerah (BPBD ) Kabupaten Mesuji menghimbau masyrakat agar berhati-hati untuk mencegah terjadinya kebakaran baik lahan,hutan maupun perumahan. kamis (08/08).

Kepala BPBD Kabupaten Mesuji Drs Syahrir MM,mengatakan dalam rangka menghadapi musim kemarau rawan akan terjadinya kebakaran, untuk itu pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan, tidak melakukan pembuangan puntung rokok dalam keadaan hidup disembarang tempat yang kira-kira akan memicu kebakaran.

” Sampai hari ini kalau untuk kebakaran hutan di kabupaten Mesuji belum ada,selain itu Kita juga mengimbau masyarakat jangan meninggalkan rumah sebelum mematikan Kompor gas,dan listrik harus dalam keadaan mati untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,’imbaunya.

Syahrir juga meminta masyrakat untuk selalu bergotong royong dengan melakukan kebersihan lingkungan,dan pemanfaatan sumber air (embung )dengan baik.Pihaknya juga terus mensosialisasikan berbagai langkah guna mencegah bencana yang bisa kapan saja terjadi ditengah-tengah masyarakat.

“Seperti kejadian kebakaran, untuk menindak lanjuti ini selain melakukan langkah-langkah pemadaman Pemerintah juga terus melakukan sosialisasi. Namun semua ini tidak mungkin dapat berjalan dengan baik tanpa peran aktif dari masyarakat. Untuk itu kita harapkan masyarakat ikut aktif menjaga dan melaporkan setiap ada musibah baik kebakaran maupun yang lainnya,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Perkuat Suara Golkar Di Mesuji, Petinggi DPD Provinsi Lampung Turun Gunung

Syahrir juga mengharapkan bantuan pemerintah Kecamatan dan Desa untuk terus mengadakan sosialisasi dan memberikan pemahaman di musim kemarau ini untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Untuk itu kembali kita menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati untuk tidak membakar sampah. Baik itu sampah rumah tangga maupun sampah perkebunan karena cuaca saat ini panasnya sangat terik,” ujarnya.

Masih menurutnya, dimusim panas ini BPBD Kabupaten Mesuji selain menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) baik dari BPBD maupun petugas Pemadam yang tergabubg di Satpol PP saat ini selalu siaga 1×24 jam untuk memberikan bantuan kepada masyarakat disaat diperlukan.

“BPBD juga telah membantu masyrakat khususnya didaerah yang rawan dan krisis air bersih guna menyuplai masyarakat yang mengalami bencana kekeringan di musim panas ini. Selain dari siaganya TRC yang dilakukan piket 1X24 jam setiap harinya,” pungkasnya (mis)