Pemkab-DPRD Sepakat Sembilan Raperda Masuk Propemperda 2020

36

Radartuba.com, TUBABA- Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat sepakat 9 (sembilan) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2020. Kesepakatan ini ditandai dengan Penan datangan memorandum of Understanding (MoU) tentang Propemperda 2020 oleh Bupati Hi. Umar Ahmad, SP dengan Ketua DPRD Busroni, SH dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Tubaba, Kamis (1/8).

Sembilan raperda tersebut terdiri atas 6 (enam) raperda yang diajukan oleh jajaran eksekutif, dan 3 (tiga) raperda merupakan Usul Inisiatif jajaran legislatif. Raperda yang diajukan oleh Pemkab Tubaba antara lain Raperda tentang Pertanggungjawaban Keuangan Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Anggaran 2019; Raperda tentang Penyusunan Rencana Pembangunan, Perumahan, dan Kawasan Permukiman; Raperda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

BACA JUGA:  Awali Tahun 2020, Nenemo Peduli Tubaba Siapkan Gebyar Amal & Bakti Sosial

Kemudian, Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten; Raperda tentang Perubahan APBD Tulang Bawang Barat Tahun Anggaran 2020; dan Raperda tentang APBD Tulang Bawang Barat Tahun Anggaran 2021. Sedangkan Raperda Usul Inisiatif DPRD terdiri dari Raperda tentang Perlindungan Adat; Raperda tentang Layak Anak; dan Raperda tentang Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan.

“Seluruh raperda yang masuk dalam Program Pembentukan Perda Tahun 2020 tentunya merupakan prioritas kebutuhan sebagai payung hukum pemerintahan dan pembangunan di daerah ini, dan karenanyalah kita sama-sama berharap agar kiranya jajaran eksekutif dan legislatif nantinya dapat menindaklanjuti sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,”harap Bupati Umar Ahmad. (ded)