Besok, 163 JCH Tubaba Berangkat ke Tanah Suci

57

Radartuba.com, TUBABA -Sebanyak 163 Jama’ah Calon Haji (JCH) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, besok (31/7). Sementara 5 jama’ah lainya yang merupakan tambahan kuota dari provinsi diberangkatkan tanggal 4 Agustus 2019. Diketahui, JCH Tubaba berjumlah 168 orang, terdiri dari 84 jama’ah pria dan 84 jama’ah perempuan. 

Dalam pemberangkatannya menuju tanah suci, JCH Tubaba terbagi menjadi 2 Kelompok Terbang (kloter), yakni 161 jama’ah termasuk 2 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) masuk dalam kloter 58 Embarkasi JKG, bergabung dengan jamaah Kabupaten Lampung Tengah, Pesisir Barat, Bandar Lampung. Penerbangannya menggunakan Saudi Arabia Airlines. Sementara 5 jama’ah lainnya masuk dalam kloter 64 JKG bergabung dengan jamaah dari Lampung Tengah, Metro, Mesuji, Lampung Selatan, Bandar Lampung, dan akan diterbangkan menuju Arab Saudi menggunakan Maskapai Penerbangan Garuda.

Keberangkatan JCH Tubaba akan dilepas secara resmi oleh Pemkab Tubaba di Gedung Sesat Agung Bumi Gayow, Komplek Islamik Center Tubaba pada Pukul 14.30 WIB. Hal ini berdasarkan surat resmi Sekretariat Daerah Kabupaten Tubaba Nomor : 450/108/I.03/TUBABA/2019 perihal Pelepasan JCH Tubaba Tahun 1440H/2019M, tanggal 25 Juli 2019 yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tubaba Herwan Sahri, SH, M.AP (A.n Bupati Tubaba).

Tidak hanya melaksanakan acara pelepasan JCH secara resmi, Pemkab Tubaba juga diketahui telah mensubsidi Ongkos Transit Daerah (OTD) Haji Provinsi Lampung sebesar  Rp2.440.494,- perjama’ah. OTD Haji tersebut digunakan untuk Biaya PP (Pulang Pergi) Transportasi Udara rute Lampung-Jakarta, Biaya PP Transportasi Darat rute Asrama Haji Rajabasa- Bandara Raden Inten II, Biaya Operasional Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), dan biaya lain-lain yang menyangkut kepentingan jama’ah haji Lampung.

BACA JUGA:  DPRD Tubaba Berikan Rekomendasi Atas LKPj Bupati

Dengan demikian, jama’ah haji tidak lagi dibebankan biaya OTD Haji Lampung. Meski tidak menganggarkan uang saku bagi JCH, namun Pemkab Tubaba juga menyiapkan anggaran lainnya sebesar Rp137 juta yang dialokasikan untuk pemberangkatan JCH dari Tubaba menuju Bandar Lampung, meliputi Biaya PP Transportasi Darat Tubaba-Bandar Lampung, dan keperluan jama’ah haji lainnya. 

“Yang jelas itu adalah bentuk perhatian Pemkab Tubaba kepada para JCH yang diharapkan dapat meringankan beban biaya yang dipikul para jamaah dalam keberangkatannya menjalankan ibadah haji ke tanah suci. Pemkab juga berharap seluruh jama’ah mampu melaksanakan ibadahnya, baik yang sunnah maupun yang wajib secara sempurna dan kembali ke tanah air dengan selamat menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,”ungkap Kasubbag Kesejahteraan Yusrizal, S.Kom mendampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kessos) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tubaba, Mansyur Yusuf, SE, MM, saat dihubungi radartuba.com melalui telepon, Selasa (30/7) siang. (ded)