Sambut HUT RI, Warga Hiasi Jalan Dengan Ornamen Bambu dan Warna-Warni Lampu

30

Radartuba.com, TUMIJAJAR-Masyarakat di setiap wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) ternyata memiliki cara tersendiri dalam memyambut dan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). Seperti saat kita memasuki wilayah Lingkungan 1, Kelurahan Dayamurni, Kecamatan Tumijajar. Keindahan ornamen bambu di sepanjang jalan di wilayah RT/RW 01/01 itu akan menghipnotis pandangan kita saat melintasinya.

Suasana dilokasi inipun semakin indah ketika malam hari, sebab gemerlap warna-warni lampu hias yang membaluti ornamen bambu sepanjang 500 meter tersebut membuat suasana menjadi begitu mengagumkan. Hal inipun akhirmya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga, baik warga sekitar maupun dari wilayah lainnya. Kondisi jalan yang biasanya sepi pada malam hari, kini menjadi ramai.

Warga tidak hanya nyaman melintasi jalan itu, tapi sebagian besar sengaja singgah dan seakan ingin berlama-lama di lokasi tersebut. Ada yang hanya sekedar nongkrong dan bercengkerama bersama teman-temannya, namun tak jarang juga yang menyempatkan diri mengabadikan keindahan tempat itu dengan jepretan kamera. Ada yang berfoto bareng dengan teman-temannya, ada juga yang hanya berswafoto (selfie).

Kepala Lingkungan 01 Kelurahan Daya Murni, Susanto mengatakan, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74 hanya  tinggal hitungan hari. Untuk menyambut hari bersejarah ini, warga setempat berinisiatif untuk mempercantik lingkungannya.”Dengan bergotong royong, warga saling bahu-membahu menghias jalan itu dengan bambu dan warna-warni lampu,”ungkapnya saat berbincang-bincang dengan wartawan, Senin (29/7) siang.

BACA JUGA:  Kunker,Winarti Serahkan 50 unit Laptop Serta Dana Desa tahap II

Dia sangat mengapresiasi kekompakan warga sekitar dan berharap itu dapat menjadi contoh bagi warga  di wilayah lainnya.”Inisiatif dan kreatifitas warga ini sangat patut diacungi jempol, karena dengan cara swadaya mereka bisa merubah lingkungan ini menjadi semakin indah. Tentu kami sangat bangga atas kekompakan warga, apalagi ini adalah sebuah karya yang mungkin kali pertamanya di Lingkungan 01 Daya Murni,”ucapnya.

Budi (38), warga sekitar, mengaku kagum dengan hasil kreatifitas tersebut.”Kita sangat bangga atas kekompakan warga yang dengan semangat membuat ornamen bambu di sepanjang jalan itu. Yang jelas, itu bisa kita maknai bahwa dengan kekompakan dan kebersamaan, seberat apapun bisa kita hadapi.”Sama dengan 74 tahun lalu, dimana kekompakan dan semangat para pejuang telah berhasil merebut kemerdekaan RI dari tangan para penjajah,”singkatnya. (ded)