Tanamkan Motivasi dan Pendidikan Karakter Siswa, SMK MUTU Datangkan Dr. Marlock

129

Radartuba.com, TUMIJAJAR- SMK Muhammadiyah Tumijajar (SMK MUTU) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Sabtu (27/7/2019)) pagi didatangi ratusan orang tua wali peserta didik baru sekolah tersebut. Mereka datang atas undangan pihak sekolah untuk menghadiri acara Seminar Parenting Nasional. Seminar yang mengusung tema “Pendidikan Karakter Anak dan Orang Tua” itu mengundang Dr. Marlock atau lebih akrab disapa Gus Mar. Ia adalah seorang motivator nasional yang peduli pada pelajar SMK dan aktif dalam Forum Peduli Pendidikan Pelatihan Menengah Kejuruan Indonesia (FP3MKI).

Kepala SMK MUTU, Syamsul Hidayat, S.Pd.I, mengatakan, saat ini sekolah dihadapkan pada persoalan remaja yang semakin kompleks, dan ini bukan hanya menjadi tantangan pihak sekolah namun menjadi tanggung jawab bersama semua pihak, terutama peran penting orang tua dalam pendidikan karakter di rumah.”Itu sangat penting untuk memotivasi anak berprestasi. Makanya dalam hal ini sangat dibutuhkan pemahaman tentang peran dan motivasi orang tua dalam pendidikan karakter anak,”ungkapnya.

Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan oleh SMK MUTU, salah satunya adalah dengan memberikan pendampingan kepada siswa dan orang tua melalui kegiatan Seminar Parenting tersebut.“Intinya, tujuan kita mengadakan seminar motivasi pendidikan karakter ini adalah untuk membentuk karakter siswa dan memotivasi orang tua untuk pendidikan anaknya yang lebih baik,”ulasnya.

Melalui upaya pendampingan tersebut, pihak sekolah menginginkan adanya perubahan mindset atau pola pikir orang tua siswa mengenai pendidikan anaknya di masa mendatang demi terwujudnya kemampuan para pelajarnya, baik sofskill ataupun hardskill.”Perkembangan zaman membuat pelajar SMK dituntut terus berubah dan berinovasi agar dapat bersaing di dunia usaha dan dunia industri. Apalagi SMK saat ini menjadi salah satu solusi yang dapat menjadi modal dalam berwirausaha nantinya,”tandasnya.

Dengan adanya seminar ini, pihaknya ingin peserta didik semakin termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh, agar mereka berprestasi dan bisa bersaing nantinya. Melalui kegiatan ini, Syamsul juga ingin mengajak semua pihak, terutama para guru dan orang tua siswa agar terus memberikan motivasi kepada anak-anak bahwa pendidikan dan prestasi sangat penting untuk menentukan masa depan mereka.”Kita berharap seminar ini akan memotivasi siswa demi terbentuknya karakter siswa yang yang santun, mandiri dan kreatif, sesuai dengan visi sekolah,”harapnya.

Dihadapan orang tua dan siswa, Motivator Nasional Dr. Marlock meyakinkan bahwa lulusan SMK bisa menjadi orang sukses, dan menurutnya prestasi menjadi modal dasar untuk meraihnya.”Lulusan SMK harus berprestasi, kejarlah mimpimu dengan berani dan optimis bahwa SMK bisa mengantarkan kesuksesan,”ucapnya. Dalam seminar itu, Gus Mar juga menyampaikan dengan lugas bahwa doa dan dukungan, serta ridho orang tua adalah motivasi terbaik. Untuk itu, Dr. Marlock juga mengajak orang tua untuk berperan aktif dalam pendidikan anak-anak mereka.”Kepada orang tua, jadilah orang tua terbaik dalam mendidik putra putri kita. Dengan doa dan ridho dari orang tua, anak-anak dapat meraih kesuksesan,”ujarnya.

BACA JUGA:  Hidup Sebatang Kara, Hanya Ditemani Sebuah Tv Jadul

Untuk memperkuat motivasinya itu, peserta seminar juga di ajak menonton sebuah tayangan seorang lulusan SMK berprestasi menjadi TKI di Malaysia, sekaligus testimoninya yang sukses menjadi pembantu, sampai akhirnya melanjutkan perguruan tinggi di luar negeri dan lulus dengan nilai IPK tinggi. Dia adalah Sarmini, TKI asal Banyumas, Jawa Tengah. Tayangan itu tentu diharapkan bisa memotivasi para siswa untuk percaya diri dengan pekerjaan apapun, asalkan halal akan membawa suskes.

“Setelah dia (Sarmini) pulang ke Indonesia dia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 dari Bupati (Pemerintah Kabupaten). Dan sekarang dia bukan lagi bekerja sebagai seorang pembantu, tapi diangkat menjadi dosen di salah satu universitas. Itulah kalau Alloh sudah ridho dengan tekad dan jalan yang dipilihnya,”ulas Gus Mar mengisahkan jalan kesuksesan TKI yang merupakan salah satu lulusan SMK tersebut.

Dr. Marlock juga mengajak para siswa dan wali murid supaya bisa mandiri dengan cara wirausaha. “Pilihlah setelah lulus SMK jadi wirausaha yang sukses. Bantulah orang tuamu yang memiliki usaha dan di kembangkan supaya usahanya maju,”tandasnya. Selain itu, lulusan SMK menurutnya harus berani merantau meninggalkan kampung halaman untuk mengejar mimpi, menambah pengalaman dengan hidup mandiri. Diapun memotivasi orang tua untuk mengizinkan anak-anaknya merantau dalam mengejar mimpi dan cita-citanya. Gus Mar juga menyarankan agar siswa dapat terus menekuni hobi dan talenta yang dimiliki dan dijadikan sebagai prestasi. (ded)