Perhatian Terus Bergulir, Dissos Berikan Bantuan Kepada Mbah Gimo

56

Radartuba.com, TUBABA – Perhatian Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) terhadap Mbah Gimo (80), Warga Tiyuh Kibang Trijaya Kecamatan Lambu Kibang yang tinggal seorang diri di gubuk berukuran 2 meter persegi yang tidak layak huni, terus bergulir. Kali ini Dinas Sosial (Dissos) Tubaba yang menyambangi kakek yang diketahui hidup sendiri menetap di pinggiran Sungai Way Pidada tiyuh setempat.

Kedatangan Dissos Kabupaten Tubaba ini guna memastikan Mbah Gimo pindah dari rumah tidak layak huni tersebut, dengan langsung mengevakuasinya ke rumah salah satu warga di tiyuh setempat.”Kita juga sudah berkoordinasi dengan aparatur tiyuh dan pihak kecamatan guna mengangani Mbah Gimo secara khusus,”ungkap M. Rasidi, SH, Kepala Dissos Tubaba kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).

Dalam kunjungan tersebut, pihaknya dengan didampingi Camat Lambu Kibang Rasman Mulyadi, SKM, MM, dan segenap  aparatur tiyuh setempat juga memberikan bantuan berupa sembako dan buffer stock kepada Mbah Gimo.”Untuk Mbah Gimo kita akan berupaya dan pastikan bahwa dia akan menerima bantuan dari Pemkab Tubaba melalui Program Maju dan Sejahtera (Mantra Tubaba),”tukasnya.

BACA JUGA:  Mantapkan Persiapan, Tuba Tengah Berkarya FC Optimis Pertahankan Gelar Juara Bupati Cup

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah melakukan pendataan kepemilikan dokumen kependudukan terhadap Mbah Gimo untuk segera dibuatkan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK). Hal itu dilakukan karena selama ini KTP yang dimiliki Mbah Gimo masih bentuk KTP lama.”Alhamdulillah Mbah Gimo sudah kita data dokumen kependudukannya, dan akan segera kita terbitkan semua dokumen kependudukan yang ia butuhkan,”ungkap Drs. Ahmad Hariyanto, MM, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tubaba, kepada wartawan, Senin (22/7/2019).

Bersamaan dengan pendataan tersebut, lanjutnya, aparatur tiyuh juga terus berupaya membujuk agar Mbah Gimo mau pindah dari tempat tinggalnya yang sekarang ke tempat yang telah disiapkan oleh Kepalo Tiyuh Kibang Trijaya, Kecamatan Lambu Kibang.”Hari ini juga Mbah Gimo mau pindah ke tempat yang disiapkan, dan barang-barang Mba Gimo juga langsung diangkut. Mbah Gimo sempat viral karena tinggal di tempat yg tidak layak, tapi sesungguhnya keluarga dan pamong tiyuh telah membujuknya untuk tinggal di tempat yang layak namun beliau sifatnya keras,”singkatnya. (ded)