Penyematan Mahkota “King dan Queen” Tutup MPLS di SMPN 3 Penawartama

91

Radartuba.com, Penawartama – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah pada setiap awal tahun pelajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Kegiatan MPLS dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Di kabupaten berjuluk “Sai Bumi Nengah Nyappur” ini MPLS tingkat SMP baik negeri maupun swasta dilaksanakan secara serentak mulai Senin, 15 Juli 2019 sampai dengan Rabu, 17 Juli 2019.

Tak terkecuali Kampus Satria Muda Bhakti Utama – SMPN 3 Penawartama menyelenggarakan kegiatan serupa sesuai dengan jadwal dan materi yang telah ditetapkan. 

Secara umum materi kegiatan MPLS ini meliputi : arti dan makna Wawasan Wiyata Mandala, kepramukaan, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara,
Belajar Efektif, Pendidikan Karakter, Tata Krama Siswa, Pengenalan Kurikulum, dan Pembinaan Mental Agama di Sekolah.

Pada upacara penutupan MPLS TP 2019/2020 di SMPN 3 Penawartama, Rustoyo, S. Pd. kepala sekolah setempat mengucapkan selamat kepada siswa baru. 

“Bertepatan dengan pelepasan secara simbolis atribut SD dan pemakaian atribut SMP kepada perwakilan siswa baru yang kita saksikan bersama-sama, hal itu berarti menyatakan bahwa kalian secara resmi diterima sebagai warga belajar kelas 7 di sekolah yang kita cintai ini. Berkenaan dengan hal itu saya ucapkan selamat!” demikian disampaikan oleh kepala SMPN 3 Penawartama. 

BACA JUGA:  Ayo Berkunjung Ke Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tulang Bawang

Lebih lanjut kepala sekolah mengatakan, “Pada kesempatan ini saya juga sampaikan ucapan selamat kepada pasangan siswa baru Reza Ardiyansyah bin Idris Apandi dan Afra Nisa Alfalih binti Sutrisno, S. Pd. yang terpilih sebagai sepasang “King dan Queen” pada kegiatan MPLS TP 2019/2020 di SMPN 3 Penawartama. 

Dengan disematkannya mahkota “King dan Queen” kepada Reza Ardiyansyah dan Afra Nisa Alfalih sekaligus menandai penutupan kegiatan MPLS Tahun Pelajaran 2019/2020, demikian kepala sekolah mengakhiri amanatnya. 

Untuk diketahui upacara penutupan MPLS ini diikuti oleh dewan guru, TU, dan seluruh siswa SMPN 3 Penawartama. (rus/ogi)