Tumijajar Siapkan Kegiatan Peringatan HUT RI, Camat : Kepalo Tiyuh Jadi Petugas Upacara

30

Radartuba.com, TUMIJAJAR – Jajaran Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) bersama dengan Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) setempat tengah mempersiapkan diri dalam menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-74 tingkat kecamatan. Salah satu fokus kegiatan adalah pada Upacara Detik-Detik Proklamasi yang akan digelar tepat pada hari kemerdekaan, 17 Agustus mendatang.

Camat Tumijajar, Rasyid, SE melalui Sekcam Erwan Syahroni, SE mengatakan, pihaknya bersama dengan uspika setempat sudah merencanakan beberapa kegiatan dalam rangka memperingati serta memeriahkan hari bersejarah bangsa Indonesia tersebut.”Melalui rapat dengan berbagai pihak khususnya uspika, ada beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan,”ungkapnya kepada radartuba.com di ruang kerjanya, Selasa (16/7/2019).

Dia menyebutkan, kegiatan tingkat kecamatan yang akan digelar antara lain Lomba Panjat Pinang, Lomba Tumpeng, dan beberapa lomba bidang olahraga.”Tapi kegiatan utama kita adalah Upacara Detik-Detik Proklamasi yang akan kita gelar di Lapangan Sepak Bola Tiyuh Murni Jaya. Beberapa kegiatan yang akan digelar lainnya juga akan dilaksanakan di hari yang sama, kecuali bidang olahraga kemungkinan dimulai sebelumnya,”ujarnya.

Menurutnya, akan ada yang berbeda dalam upacara peringatan HUT RI tingkat kecamatan tahun ini, khususnya dalam hal petugas upacara. Jika tahun-tahun sebelumnya petugas upacara diserahkan kepada sektor pendidikan ataupun sekolah-sekolah, tahun ini pihaknya bersama dengan uspika sepakat untuk melibatkan juga perangkat tiyuh sebagai petugas upacara. Sedangkan untuk pasukan pengibaran bendera dipercayakan kepada Paskibra SMAN 1 Tumijajar.

BACA JUGA:  Akomodir Catatan dan Saran Terhadap Pemilu, KPU Lakukan Evaluasi

“Seperti komandan upacara dan ajudan inspektur upacara nantinya kepalo tiyuh, dan untuk persiapan upacara kami serahkan kepada Polsek Tumijajar dan Koramil Tulang Bawang Udik. Begitu juga dengan peserta, kami juga meminta perangkat tiyuh lainnya untuk mengikutinya, termasuk kami mengaharapkan peran serta masyarakat dalam upacara peringatan hari kemerdekaan tersebut,”terangnya.

Pihaknya berharap, kegiatan rutin tahunan ini dapat berjalan hikmat, tertib dan lancar mengingat peringatan HUT RI harus dijadikan momentum penghormatan atas perjuangan pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan. Selain itu, peringatan HUT RI diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme seluruh warga masyarakat.”Semoga semua berjalan sesuai yang kita harapkan,”pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Tumijajar AKP. Dulhafid, S.Pd mengatakan, pihaknya bersama dengan Koramil Tulang Bawang Udik akan memberikan pelatihan kepada para petugas upacara. Bahkan, dia sudah menunjuk beberapa personilnya untuk terjun memberikan pelatihan tersebut.”Rencananya, pelatihan akan kita mulai pada 1 Agustus mendatang, dan tahun ini berbeda karena petugas banyak dari unsur perangkat tiyuh terutama kepalo tiyuh,”singkatnya. (ded)