Pemanfaatan Dana Desa Untuk Tiyuh Candra Mukti Mulai Dilakukan

150

Radartuba.com, TUBABA – Melalui kucuran dana Desa Tahun 2019 Tiyuh Candra Mukti mulai melakukan beberapa pembangunan dan kegiatan pemberdayaan.

Marsudi Kepalo Tiyuh menuturkan “Alhamdulillah dengan maksimal pembangunan dan pemberdayaan Di Tiyuh Candra Mukti terus dilakukan dengan penggunaan dana desa tahun 2019.

Dalam pembangunan tersebut semua Aparatur Tiyuh Candra Mukti dan masyarakat selalu bergotong-royong dan memantau proses pembangunan yang dilakukan. Serta sebelumnya telah mensepakati dengan melalui musrembang, tutur Marsudi.

Adapun jumlah kucuran dana Desa Tahun 2019 yang diterima oleh Tiyuh Candra Mukti sebesar Rp 865.277.000 yang bersumber dari APBN,terangnya kepada Radar Tuba Senin (15/07).

Marsudi menjelaskan “Anggaran Dana Desa Rp 519.590.000 juta yang bersumber dari APBD. Adapun rincian penggunaan dana tersebut yakni
40% untuk pemberdayaan dan 60% untuk infrastruktur.

BACA JUGA:  Pemanfaatan DD Tahap 1 Sukses Direalisasikan Di Kampung Aji Permai Talang Buah

Tuturnya “Dibidang pemberdayaan melakukan
peningkatan kapasitas mutu Aparatur Tiyuh,
pembinaan ke-Agamaan dan ke-masyarakatan, pemberian tali asih bagi guru ngaji, penjaga makam, marbot masjid.

Kemudian dibidang infrastruktur dan pembangunan
melakukan pembangunan pengerasan jalan tanah ke ander lagh sepanjang 400 M, tambahnya.

“pembangunan drainase siring sepanjang 600 M yang terletak Di Suku I, II, dan III.
pembuatan sarana dan prasarana alat kematian, bantuan sanitasi MCK. WC ke pada masyarakat kurang mampu sebanyak 20 titik, ucap Marsudi.

Marsudi berharap, “Semoga pembangunan dan pemberdayaan yang telah dilakukan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat. (Bud).