KPBM Lestarikan Tanaman Bonsai

20

Radartuba.com, MESUJI РKalangan pecinta Bonsai ada disetiap daerah bahkanb di kabupaten Mesuji kalangan ini akan semakin Eksis setelah perkumpulannya membuat Komunitas pencinta Bonsai Mesuji (KPBM). komunitas ini dibentuk untuk bersama-sama melestarikan  kecintaannya terhadap seni mengerdilkan pohon.

Kintoko Adi Saputra Ketua KPBM yang juga Kepala desa Mukti Jaya Kecamatan Tanjung Raya memjelaskan bahwa tidak mudah dalam.mengurus pohon-pohon tanaman hias butuh ketelatenan dan kesabaran namun KPBM bertekad akan  melestarikan jenis tanaman hias yang bernilai ekonomi tinggi ini.

“Yang jelas tidak semua orang hobi tapi jika kita mau tanaman hias jenis Bonsai ini bisa bernilai tinggi bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah  bahkan jika bonsai tersebut sudah menyandang predikat champion, harganya tentu lebih fantastis,” jelasnya kepada Radar Tuba kamis (11/7).

Kintoko juga menjelaskan Untuk melestarikan tanaman Bonsai pihaknya sudah membuat komunitas yang didalamnya terdiri dari orang-orang yang suka dengan Bonsai.

“Meski KPBM ini belum lama terbentuk tapi kita sudah memiliki anggota sekitar 35 orang,dan kedepan saya yakin akan semakin banyak yamg tertarik untuk bergabung,” imbuhnya.

Kintoko menbahkan bahwa dalam komunitas ini, setiap anggota belajar dengan detail bagaimana cara membuat dan merawat bonsai. Karena perawatan pohon Bonsai tidak mudah, perkumpulan ini pun rutin menggelar pertemuan sebagai ajang berbagi ilmu dan informasi seputar bonsai. 

BACA JUGA:  BawasluTempel Striker Pada semua APK Yang Melanggar Aturan

Dia juga menjelaskan untuk membentuk sebuah bonsai, harus dimulai dari biji, stek, ataupun pencangkokan. Jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai pun beragam seperti beringin, serut, asem jawa, santigi, kimeng, dan sancang. Perawatan yang baik tentu akan menghasilkan kualitas bonsai yang baik pula. 

“KPBM Mesuji kedepan akan berusaha Eksis dan kita akan adakan pameran. Jika memungkinkan pada saat HUT Kabupaten Mesuji bulan November nanti, kita akan ambil bagian untuk meramaikan stand pameran dengan berbagai jenis tanaman bonsai yang sudah mulai kita kembangkan di Mesuji,”tukasnya.(mis)