Hadapi Peringatan HUT RI ke-74, Ini Himbauan Pemkab Tubaba…

157

Radartuba.com, TUBABA – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menghimbau semua pihak penyelenggara acara hiburan dalam rangka merayakan peringatan HUT RI ke-74 di seluruh wilayah di kabupaten setempat agar menjadikan momentum perayaan hari kemerdekaan tersebut sebagai sarana pendidikan dan hiburan bagi rakyat. Karenanya, prakarsa dan kreatifitas masyarakat dalam penyelenggaraan acara diharapkan dapat didorong secara luas, serta mengedepankan hiburan khas daerah/tradisional sehingga hakekat peringatan dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat dapat benar-benar terwujud.

Himbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran nomor: 003.1/187/1.01/TBB/2019 tentang Pedoman Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 tanggal 11 Juli 2019 dan ditandatangani Sekdakab Tubaba Herwan Sahri, SH, M.AP.”Panitia penyelenggara acara hiburan juga harus berkoordinasi dengan unsur/aparat keamanan dalam setiap penyelenggaraan acara hiburan agar keseluruhan acara dapat berlangsung secara tertib, aman, dan lancar,” ungkap Somad, SP, Kabag Tata Pemerintahan mendampingi Sekdakab Tubaba Herwan Sahri,SH.MAP kepada wartawan, Kamis (11/7).

Dalam surat edaran tersebut, Pemkab juga menghimbau instansi pemerintahan, organisasi masyarakat/kepemudaan, dan swasta agar dapat mengibarkan bendera Merah Putih selama 20 hari berturut-turut mulai tanggal 2 Agustus 2019 mendatang. Selain itu, Pemkab Tubaba juga meminta agar penggunaan Logo HUT RI ke-74 disesuaikan dengan yang telah diatur dalam Surat Kementerian Sekretariat Negara nomor:B.484/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/07/2019 tanggal 11 Juli 2019 perihal penyampaian logo peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019, dan menggunakan tema “Menuju Indonesia Unggul”.

BACA JUGA:  HUT Lampung ke-55, Gubernur Sampaikan Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih

Sedangkan sub temanya adalah “Dengan Semangat Nemen, Nedes, dan Nerimo, Kita Mewujudkan Tulang Bawang Barat Menjadi Kabupaten yang Terdepan, Optimis dan Pasti Maju (TOP) Menuju Indonesia Unggul”.”Sebagai bentuk ekspresi semangat Proklamasi Kemerdekaan RI dan menjaga estetika kabupaten, pemilik kantor/bangunan diharapkan membersihkan gedung dan halaman, pengecatan pagar dan bangunan serta memasang umbul-umbul/lampu hias/ataupun hiasan lainnya sehingga HUT RI tahun ini terlihat meriah,”tandasnya.

Khusus kepada para camat, lanjutnya, dalam Surat Edaran juga diminta agar menghimbau kepada Kepalo tiyuh/lurah dan warga masyarakat untuk membersihkan lingkungan, memasang bendera Merah Putih dan umbul-umbul, serta membuat patok mini warna merah putih.”Kami minta agar ini segera disebarluaskan ke kepalo tiyuh dan masyarakat, sehingga himbauan pemkab ini dapat dilaksanakan secara maksimal,”tukasnya. (ded)