DPRD Tuba Setujui Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018

15

Juga Sepakati KUA PPAS Perubahan 2019

Radartuba.com, Menggala – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulangbawang (Tuba) menggelar rapat paripurna di ruang rapat utama DPRD setempat, Selasa (9/7).

Rapat paripurna ke-5 masa rapat ke-II tersebut membahas tiga agenda yakni Pembicaraan Tingkat II atas Raperda Kabupaten Tulangbawang tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, Pengesahan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (RKUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Kabupaten Tulangbawang Tahun Anggaran 2019, serta Pembicaraan Tingkat I atas Raperda Kabupaten Tulangbawang tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019.

Dalam kesempatan itu, rapat dipimpin oleh Wakil ketua I Aliasan, didampingi Ketua DPRD Tulangbawang Sopi’i, S.H, wakil ketua II Herwan Saleh, S.E, wakil ketua III Mursidah, S.E serta Sekretaris DPRD Badruddin, S.E.,M.H.

Turut hadir juga Sekretaris Daerah Ir. Anthoni, M.M yang diberikan mandat untuk mewakili Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, S.E.,M.H, para pejabat di lingkungan Pemerintahan, Forkopimda Plus, serta anggota DPRD Kabupaten Tulangbawang.

Dalam kesempatan itu, juru bicara Panitia Khusus (Pansus) Pembahasan Raperda Kabupaten Tulangbawang tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, Novi Marzani, menyampaikan laporan.

Pada intinya, setelah pembahasan, Pansus merekomendasikan dan meminta Pemerintah Daerah untuk menindaklanjuti semua catatan, saran, maupun temuan sebagaimana diperintahkan oleh BPK RI dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap pelaksanaan APBD TA 2018.

Selain itu, Pansus juga merekomendasikan agar Raperda tentang Pertanggangungjawaban pelaksanaan APBD TA 2018 dapat disetujui untuk ditingkatkan menjadi peraturan daerah Kabupaten Tulangbawang tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2018.

BACA JUGA:  Semarak, Peringatan HUT Ke-10 Kabupaten Mesuji

Dalam kesempatan itu, Ketua Badan Anggaran Sopi’i, melalui juru bicara Nirwansyah Habib juga menyampaiakan laporan Pembahasan terhadap Rancangan KUA dan PPAS Perubahan APBD Kabupaten Tulangbawang Tahun Anggaran 2019.

Pada intinya, seluruh anggota DPRD Tulangbawang yang hadir menyetujui Rancangan KUA PPAS menjadi KUA dan PPAS Perubahan APBD Kabupaten Tulangbawang Tahun Anggaran 2019.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Anthoni yang diberikan mandat Bupati Tulangbawang Winarti untuk mewakili lantaran sedang sakit menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada seluruh Anggota Dewan karena telah melaksanakan sidang paripurna, sehingga menjadi manifestasi dari rasa tanggungjawab kepada masyarakat Tulangbawang.

Dalam kesempatan itu, Anthoni menyambut baik atas segala masukan dan pandangan dari seluruh anggota DPRD.

Sebab masukan yang disampaikan telah melalui pembahasan-pembahasan yang telah dilakukan oleh Pansus dan Jajaran Eksekutif mulai dari tanggal 1 sampai dengan 8 Juli 2019, sehingga merupakan masukan yang sangat konstruktif untuk mencari masukan, guna lebih meningkatkan pembangunan di Kabupaten Tulangbawang.

“Berbagai rekomendasi dan masukan-masukan yang diberikan oleh Anggota Dewan terhadap Raperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 ini, merupakan wujud kepedulian dan rasa tanggung jawab Legislatif terhadap kemajuan dan kesejahteraan yang ada di Kabupaten Tulangbawang,” kata Anthoni mewakili Bupati Winarti. (ogi)