Jalan Rusak dan Kondisi Jembatan Dikeluhkan Warga

28

Dinas PUPR Tubaba Segera Benahi

Radartuba.com, TUBABA -Ruas jalan penghubung Tiyuh Margo Dadi-Gunung Menanti Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) saat ini rusak dan berlubang di sejumlah titik. Tidak hanya itu, kondisi jembatan penghubung dua tiyuh tersebut juga mulai mengkhawatirkan. Hal ini dikeluhkan warga dan para pengguna jalan yang melintasinya. Mereka berharap, Pemkab Tubaba melalui instansi terkaitnya segera memperbaikinya.
Menyikapi ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Tubaba setempat menyatakan akan segera mengambil langkah. Pertama, terlebih dahulu akan dilakukan perbaikan terhadap kerusakan jalan sepanjang 5 kilometer tersebut melalui kegiatan pemeliharaan rutin jalan.
“InsyaAlloh tahun 2019 ini akan kita perbaiki. Saya sudah perintahkan tenaga teknis Dinas PUPR Tubaba untuk mengecek ke lokasi dan berkoordinasi dengan pemerintah tiyuh setempat,”ungkap Kepala Dinas PUPR Tubaba, Iwan Mursalin, S.Si, MM,MT, saat dihubungi wartawan melalui telepon, Minggu (7/7) siang.
Sementara untuk jembatan penghubung dua tiyuh tersebut, pihaknya akan segera mengusulkan pembangunannya ke Kementerian PUPR RI, bersama dengan program pembangunan infrastruktur lainnya. Hal ini sesuai dengan program tahunan Bupati Tubaba Hi.Umar Ahmad, SP yang mengharapkan salah satu instrumen utama untuk mendorong laju percepatan infrastruktur pembangunan dalam rangka memenuhi pelayanan terhadap masyarakat.
“Usulan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur fisik terutama pembangunan jalan dan jembatan, serta pembangunan jaringan irigasi. Jika disetujui, jembatan ini juga akan dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 mendatang,”ujarnya.
Dia mengakui, pihaknya saat ini sedang menampung beberapa usulan dari masyarakat, dan berkomitmen untuk memperjuangkannya.”Kita optimis jika usulan (DAK) kita tahun 2020 nanti bisa terealisasi sesuai apa yang diharapkan oleh masyarakat Tubaba,”pungkasnya. (ded)