Camat Way Serdang Ajak Masyarakat Dukung Program Pembangunan

62

Radartuba.com, MESUJI— Camat Way Serdang Hi Anwar Pamuji, SE mengajak masyrakat di wilayahnya untuk mendukung program program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Mesuji di bawah kepemimpinan Plt Bupati Mesuji Hi Saply TH.
Hal tersebut di tegaskan Anwar Pamuji saat menghadiri Pengajian Akbar dan Haul Khotmil Qu’ran ke 12 sekaligus pengajian ranting Nahdlatul Ulama (Nu)/di desa Panca Warna Minggu (7/7).
“Ya sebagai masyrakat yang baik kita harus mendukung program pemerintah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Mesuji dibawah kepemimpinan plt Bupati Mesuji Hi Saply TH yang akan terus bekerja untuk membangun Mesuji kedepan lebih baik lagi,” jelas Anwar dihadapan seluruh masyrakat dan jamaah.
Selain itu dia juga meminta masyrakat untuk mendukung program Opendl defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan yang merupakan program yang saat ini dicanamgkan noleh pemerintah untuk menuju kecamatan Way serdang yang lebih sehat.Selain itu pembangunan di desa juga masyrakat juga harus bersama-sama mengawasi.
” Kemudian ada program ODF yaitu untuk menuju 20 desa hidup lebih sehat dan program pembangunan lainnya yaitu program pembangunan di desa yang bersumber dari dana desa (DD) dan Alokasi dana desa (Add) agar dapat terlaksana dengan baik dan transfaransi terhadap perangkat desa lembaga desa dan masyarakat agar kita dapat mengawasi semua pembangunan yg ada,”imbuhnya
Camat juga pada kesempatan yang sama menjelaskan STBM merupakan program lintas sektoral melalui pendekatan untuk merubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Strategi tersebut disusun dalam rangka memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, serta mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan.
“Tahun 2019 di Kabupaten Mesuji baru terdapat 16 desa yang sudah ODF. Saya targetkan 43 desa yang hadir pada rapat menyusul ODF,serta pada tahun 2020 Kabupaten Mesuji sudah menjadi desa ODF “harapnya.
Perjalanan untuk mewujudkan Kabupaten Mesuji menjadi kabupaten ODF secara 100% memang masih panjang, sehingga diperlukan kerjasama dan peran serta dari seluruh pihak.
” Kedepan saya berharap semakin banyaknya inovasi-inovasi baru, baik dari OPD terkait maupun dari masyarakat untuk mendukung Kabupaten Mesuji menjadi kabupaten yang sehat dan mampu menerapkan ODF di seluruh desa,”tutupnya.(zal/mis)