Gorong-Gorong Jebol, Akses Jalan Nyaris Putus

39

Radartuba.com, TUBABA – Gorong-gorong pada jalan poros Tiyuh Tunas Jaya-Bangun Jaya Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) jebol. Akibatnya, akses transportasi di ruas jalan penghubung antar tiyuh ini terancam putus. Selain termakan usia, jebolnya gorong-gorong juga diduga akibat tidak kuat menahan beban kendaraan yang bermuatan berat.

Andi (29), salah satu warga Tiyuh Tunas Jaya, Kecamatan Gunung Agung mengatakan, jebolnya gorong-gorong tersebut sudah sejak lama, namun hingga kini belum juga diperbaiki oleh pihak terkait.”Dari tahun 2018 memang sudah mulai amblas mas. Awalnya hanya sedikit yang amblas, lama-kelamaan semakin lebar jebolnya bahkan sekarang nyaris putus,”ungkapnya kepada radartuba.com, Kamis (4/7/2019).

Namun, lanjutnya, warga tetap nekat melintasinya, sebab ruas jalan tersebut merupakan jalan utama penghubung antar tiyuh. Tidak hanya kendaraan roda dua, kendaraan roda empat bahkan bermuatan berat masih sering melintas di jalan itu.”Itu jalan utama mas, kalau harus lewat jalan lain terpaksa harus memutar arah kurang lebih 5 kilometer. Makanya walaupun beresiko, tetap saja dilewati pengguna jalan,”cetusnya.

BACA JUGA:  Laksanakan PP, Pemkab Tubaba Siapkan Uang Purnabakti Anggota DPRD 2014-2019

Menurutnya, kondisi gorong-gorong yang nyaris putus ini sangat mengkhawatirkan, apalagi dari arah Tunas Jaya ke Bangun Jaya terdapat jurang yang cukup dalam tepat di sisi kanan gorong-gorong.”Tebing jurang ini kondisinya labil dan semakin lama longsor, apalagi kalau musim hujan. Kalau tidak segera diperbaiki, bisa semakin parah,”cetusnya.

Warga berharap, Pemkab Tubaba segera mengambil langkah untuk memperbaiki gorong-gorong tersebut, sebab selama ini warga sekitarlah yang berinisiatif untuk menimbunnya.”Karena ini jalan kabupaten, maka kami berharap pemkab melalui instansi terkait dapat segera memperbaikinya agar pengguna jalan tidak was-was saat melintasi ruas jalan tersebut,”harapnya. (ded)