Percepat Pertumbuhan Ikan, Pemkab Tubaba Uji Cobakan Micro Nano Bublle

105

Radartuba.com, TUBABA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Perikanan (Diskan) setempat terus berupaya untuk berinovasi dalam memacu peningkatkan produksi ikan budidaya di daerah setempat. Melalui program Pengembangan Endemik Ikan Lokal, Pemkab Tubaba pada tahun 2019 ini menggelontorkan anggaran sekitar Rp500 juta untuk penerapan teknologi Micro Nano Bublle di daerah setempat.

Kabid Penguatan Daya Saing Produk Perikanan pada Diskan Tubaba, Patria Sanjaya Putra, S.Pi, mengatakan, penerapan teknologi ini merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Tubaba dengan Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI).”Teknologi bidang perikanan ini merupakan temuan dari LIPI dan mereka yang punya lisensinya. Pemkab tertarik karena berdasarkan hasil penelitian LIPI, alat berupa generator ini dapat mempercepat tingkat pertumbuhan ikan hingga 30 persen dari kondisi alaminya,”ungkapnya saat ditemui radartuba.com di ruang kerjanya, Rabu (3/7/2019).

Menurutnya, alat ini bekerja menghasilkan oksigen yang merupakan kebutuhan utama pertumbuhan ikan yang dibudidayakan.”Alat ini berbeda dari alat lainnya seperti airator dan blower, karena genarator Micro Nano Bublle mampu memaksimalkan oksigen yang dibutuhkan ikan. Dengan ketersedian oksigen yang maksimal, tentu akan lebih memacu pertumbuhan ikan,”terangnya.

BACA JUGA:  Budiman Jaya : TPG Harus Jadi Motivasi Untuk Lebih Profesional

Saat ini, lanjutnya, generator Micro Nano Bublle tersebut sedang dirakit oleh Badan Pengembangan Instrumen (BPI) LIPI- Bandung.”Informasi yang kami terima, mereka masih melakukan finishing terhadap alat tersebut. Kemungkinan pekan depan sudah dikirim ke Tubaba, baru setelah itu dirakit disini untuk langsung diujicobakan. Rencananya, ujicoba alat ini akan kita lakukan di BBI (Balai Benih Ikan) di Marga Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Udik,”ujarnya.

Patria menambahkan, alat untuk memaksimalkan fungsi oksigen ini kebanyakan digunakakan oleh pihak swasta, salah satunya seperti pada tambak udang di Lampung Selatan. Sedangkan untuk kelas pemerintah baru Kabupaten Tubaba yang akan mengujicobakannya.”Harapan kita, ini dapat berhasil dan diterapkan secara luas serta bermanfaat bagi budidaya ikan lokal di Tubaba,”tukasnya. (ded)