Maksimalkan Layanan Perizinan, DPMP2TSP Terapkan SiCANTIK Cloud dan OSS

54

Radartuba.com, TUBABA – Sistem perizinan dan nonperizinan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) saat ini terintegrasi langsung secara online dengan lembaga pusat. Sebab, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Kabupaten Tubaba dalam pelayanan perizinan dan nonperizinan sudah mulai menggunakan SiCANTIK Cloud (Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik) yang dipadukan dengan OSS (Online Single Submission).

Kepala DPMP2TSP Kabupaten Tubaba, Lukman, SH, MM menjelaskan, SiCANTIK merupakan aplikasi berbasis web berupa sistem cloud yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara gratis yang terintegrasi dengan OSS yang digunakan untuk perizinan.”SiCANTIK Cloud terhubung dengan Kementerian Kominfo, dan OSS terkoneksi dengan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Keduanyapun saling terintegrasi,”ungkapnya kepada radartuba.com di ruang kerjanya, Rabu (3/7/2019).

Menurutnya, melalui penerapan pelayanan secara elektronik tersebut, penyelenggaraan layanan perizinan nonperizinan di daerah setempat saat ini telah mengalami perubahan yang signifikan.”Artinya, dengan sistem ini DPMP2TSP akan memberikan pelayanan perizinan dan nonperizinan dengan lebih mudah, cepat, tepat, efisien, transparan dan akuntabel,”ujarnya.

Melalui sistem pelayanan ini, lanjutnya, produk perizinan yang diterbitkan melalui OSS ada 4 jenis, yakni Nomor Induk Berusaha (NIB), Izin Lingkungan, Izin Lokasi, dan Izin Usaha. Sedangan produk perizinan nonperizinan lainnya terakses melalui SiCANTIK Cloud.”Contoh yang diterbitkan melalui SiCantik Cloud seperti Izin Praktek Dokter, Izin Operasional Rumah Sakit dan Klinik, Izin Operasional Pendidikan, Tanda Daftar Gudang, Izin Operasional Perusahaan, dan produk perizinan lainnya,”papar Lukman.

BACA JUGA:  Dinas PUPR Tubaba Uji Coba Soil Stabilizer…?

Lukman menambahkan, selain untuk memaksimalkan pelayanan perizinan, lanjutnya, diterapkannya perizinan online berbasis aplikasi web ini adalah sebagai implementasi PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Dengan dilaksanakannya ini, tandasnya, pelayanan perizinan menjadi efisien dan efektif.”Melalui aplikasi ini, pengurusan perizinan semakin mudah dengan harapan kenyamanan pelayanan bagi masyarakat juga semakin meningkat,”harapnya. (ded)