Jalur Dua Pulung Kencana- Marga Kencana Segera Dibangun

243

Radartuba.com, TUBABA -Pembangunan infrastruktur jalan tetap jadi prioritas Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba). Tahun ini, ruas jalan Pulung Kencana-Marga Kencana akan ditingkatkan statusnya menjadi Jalan Dua Jalur. Untuk melaksanakannya, Pemkab Tubaba sudah menyiapkan anggaran Rp11 miliar lebih, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tubaba, Iwan Mursalin, S.Si, MM, MT melalui Kabid Bina Marga Ir. Baharuddin, MT menyebutkan, kontrak kerja dengan pihak rekanan pada proyek pembangunan jalan dua jalur tersebut saat ini sedang dalam proses.”Kemungkinan akhir Juli atau awal Agustus sudah mulai dikerjakan,”ungkapnya kepada radartuba.com, Senin (1/7/2019).

Menurutnya, jalan dua jalur tersebut akan dibangun sepanjang 3 kilometer lebih dengan median jalan 1 meter, mulai dari Pasar Pulung Kencana terhubung sampai ke jalan dua jalur Kagungan Ratu. Masih dalam paket pekerjaan yang sama, lanjutnya, akan dibangun juga drainase sepanjang 500 meter (kanan kiri) di Pasar Pulung Kencana, termasuk pemasangan lampu jalan di beberapa titik khususnya di wilayah perempatan.

“Yang jelas peningkatan jalan sampai dengan hotmix. Sekarang lebar jalan tersebut masih sekitar 6 meter. Setelah ditingkatkan menjadi dua jalur, lebar jalan nantinya bertambah menjadi sekitar 15 meter, kanan dan kiri masing-masing 7,5 meter. Jalur dua ini akan terhubung dengan jalur dua Kagungan Ratu,”terangnya.

BACA JUGA:  Langganan Banjir, Pemkab Siap Usulkan Penimbunan Badan Jalan

Selain jalan dua jalur tersebut, Pemkab Tubaba melalui Dinas PUPR juga akan melanjutkan pembangunan yang sudah dilaksanakan sebelumnya, yakni peningkatan jalan sampai dengan hotmix pada ruas jalan Sp.Sulawesi -Indraloka II Kecamatan Way Kenanga sepanjang 2 kilometer dengan anggaran Rp4 miliar lebih. Kemudian, peningkatan ruas jalan Daya Murni- Simpang Marga Kencana sekitar 4 kilometer dengan anggaran Rp4 miliar lebih.”Anggaran juga bersumber dari DAK dan sekarang masih proses tender,”ulasnya.

Pihaknya berharap pembangunan tiga ruas jalan tersebut dapat telaksana tepat waktu dan kepada siapapun pemenang dalam tender proyek ini diminta bekerja dengan baik sesuai standar yang ditetapkan.”Pengawasan akan kami lakukan dengan maksimal, dan kami tentunya berharap semua pihak terkait juga ikut mengawasi proses pembangunan agar hasil serta kualitas pembangunan nantinya maksimal,”pungkasnya. (ded)