Pasca Idul Fitri, Angka Pernikahan Di Kecamatan Menggala Meningkat

23

Radartuba.com, MENGGALA – Selama sebulan penuh menjalankan Ibadah puasa sekaligus Idul fitri Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Menggala sepi dari para pendaftar calon pasangan suami istri.

Pasca Idul Fitri seperti saat ini terjadi justru sebaliknya angka pendaftar calon pasangan suami istri mengalami kenaikan yang cukup tinggi dari jumlah bulan yang lalu.

Yusroni, Lc selaku Kepala KUA Kecamatan Menggala menuturkan ”Terjadinya kenaikan angka pendaftar calon suami istri pasca lebaran salah satu kejadian yang biasa terjadi tiap tahunnya.

Hal tersebut karna calon pasangan suami istri tidak ada yang ingin melakukan perlangsungan pernikahannya dibulan suci Ramadhan. Karena mereka lebih banyak memilih hari lain seperti sebelum dan sesudah Bulan Suci Ramadhan, lanjutnya.

Terang lanjut Yusroni, Lc “Biasanya angka pendaftar calon pasangan suami istri mengalami kenaikan ketika satu bulan sebelum puasa, dan seminggu setelah hari raya Idul Fitri. Hal tersebut mereka anggap lebih tepat untuk berlangsungnya pernikahan.

Saat ini jumlah pendaftar calon suami istri yang telah mendaptarkan diri Ke KUA Kecamatan Menggala dan akan melakukan Akad selama bulan Juni ini tercatat sebanyak 33 pasangan, jelas Yusroni, Lc sambil mengeluarkan data kepada Radar Tuba Rabu, (26/06).

BACA JUGA:  WNA Yang Terdampar di Perairan Tuba Kembali Berlayar

Hal ini juga disampaikan oleh Iwan Setiawan selaku penyuluh Agama fungsional “Saat ini dengan komitmen yang tinggi kami tetap dengan maksimal memberikan pelayanan prima kami
kepada setiap calon pasangan suami istri. Baik dari pemberkasan identitas diri maupun memberikan pembekalan bimbinga n kepada setiap calon.

Tidak ada kendala serius yang kami hadapi selama dalam pelayanan karena dengan semaksimal mungkin kami berikan pelayanan yang cepat, mudah, dan nyaman, tambahnya.

Namun terkadang yang membuat pemberkasan sedikit terlambat karna dari para calon pasangan suami istri yang belum menggantongi persyaratan yang lengkap,tutur Iwan Setiawan.

“Semoga pelayanan Di KUA yang kami berikan untuk umun terutama dalam bidang penyuluhan dan bimbingan mampu mewujudkan pasangan suami istri yang sakinah, mawaddah, dan warahmah,harapnya. (Bud)