Tiga Pelaku Spesialis Curat di Tubaba Diringkus Polsek Tumijajar

34

Radartuba.com, TUMIJAJAR -Kepolisian Sektor (Polsek) Tumijajar berhasil menangkap IR (25), DA (25) dan JA (35), yang diduga kuat sebagai pelaku spesialis curat (pencurian dengan pemberatan) yang beraksi di wilayah hukum setempat. Ketiganya diringkus aparat kepolisian di rumahnya masing-masing, Senin (24/6/2019) malam, sekira pukul 22.00 WIB.

Diketahui, IR dan DA merupakan warga Tiyuh Karta, Kecamatan Tulang Bawang Udik, sementara JA merupakan warga Tiyuh Gunung Katun Tanjungan, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).”Ketiganya sama-sama berprofesi sebagai buruh,”ungkap Kapolsek Tumijajar AKP Dulhapid, S.Pd mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH, Selasa (25/06/2019).

Kapolsek menjelaskan, para pelaku ditangkap berdasarkan laporan dari korban Sunoto (42), berprofesi tani, warga Tiyuh Gunung Katun Tanjungan, Kecamatan Tulang Bawang Udik, yang tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 54 / VI / 2019 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Tumijajar, tanggal 23 Juni 2019. Dalam laporannya, kerugian yang dialami korban adalah berupa 5 karung beras, 10 kg gula pasir, 3 dus supermi, 10 batang sabun mandi, 5 pak kopi bungkus, 10 kaleng susu kental manis, dan berbagai macam merk rokok serta uang tunai sebanyak Rp1,5 Juta. Total kerugian ditaksir sekira Rp10.230.000,- (sepuluh juta dua ratus tiga puluh ribu rupiah).

Aksi kejahatan yang dilakukan oleh para pelaku, lanjutnya, baru diketahui oleh pelapor pada Minggu (23/06/2019), sekira pukul 06.00 WIB. Saat itu pelapor sedang berada di ladang, lalu datanglah Yoga Tama (18), anak kandung pelapor dan memberitahukan bahwa warung milik mertua pelapor sudah dibobol oleh para pelaku.

BACA JUGA:  Polsek Rawa Pitu Identifikasi dan Olah TKP Penemuan Mayat di Sawah

Mendapatkan laporan tersebut, pelapor langsung menuju ke TKP (tempat kejadian perkara) dan melihat jendela warung sudah dalam keadaan terbuka serta tralis besi pelindungnya dalam keadaan rusak. Pelapor lalu memeriksa barang apa saja yang telah hilang diambil oleh para pelaku, lalu melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Tumijajar.

“Berbekal laporan tersebut, petugas kami langsung melakukan penyelidikan. Berkat keuletan dan kegigihan petugas di lapangan, akhirnya para pelaku berhasil ditangkap saat sedang berada di rumahnya masing-masing dan berhasil disita BB (barang bukti) hasil kejahatan,” terang AKP Dulhapid.

Untuk diketahui, pelaku IR merupakan residivis kasus pencurian yang baru saja keluar dari rutan (rumah tahanan) kelas II B Menggala dan pelaku DA juga merupakan DPO (daftar pencarian orang) dalam perkara lainnya. Saat ini para pelaku masih dilakukan pemeriksaan di Mapolsek Tumijajar dan akan dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 Ke-3, Ke-4 dan Ke-5 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.(*/rls)