BPOM Tuba Sosialisasi Bahaya Kosmetik Ilegal Kepada Peserta Pemilihan Muli-Menganai

49

Radartuba.com, Tulang Bawang – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tulangbawang (Tuba) merupakan lembaga yang mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan, pada kesempatan kali ini BPOM memberikan sosialisasi kepada peserta ajang pemilihan Muli-Menganai Tulangbawang 2019, senin(24/6/2019)

Kepala kantor BPOM Tulangbawang Tuti Nurhayati S, Si., Apt mengatakan, kehadiran kami di selah-selah acara pemilihan muli-mekhanai Tuba tidak lain untuk menberikan pembekalan tentang kosmetik yang aman seperti apa, karena peserta sendiri selain diberikan materi mulai dari prilaku tentunya penampilan fisik sangat diperlukan.

“Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya yang dilarang dalam jangka panjang dapat menimbulkan gangguan fungsi organ seperti hati, saraf, ginjal dan kelenjar endorin. Jangan gunakan kosmetik yang mengandung bahan terlarang untuk kosmetik baca dengan teliti penandaan pada kemasan kosmetik sebelum membeli, bila sudah terlanjur menggunakan dan terjadi efek samping hentikan pemakaian dan segera konsultasi kedokter,” ucapnya

Pada saat kosmetik digunakan akan terjadi kontak antara kosmetik dengan kulit, maka ada kemungkinan akan terserap dan masuk kebagian epidemis kulit. Kontak kosmetik dan kulit dapat menimbulkan akibat positif yang berupa manfaat/kegunaan, namun selain dari efek yang positif tentu ada pula efek samping negatif.

BACA JUGA:  Diskes Mesuji dan Provinsi Lakukan Pengukuran Kebugaran Kesehatan Jemaah Haji

Contoh efek samping positif pada kulit saat mengunakan produk kosmetik yang telah tercantum di BPOM tentunya akan menyebabkan kulit menjadi bersih, putih sesuai dengan yang diharapkan, namun bila menggunakan kosmetik ilegal yang tidak ada nomor izin edaran (NIE) dari BPOM pada kulit akan mengakibatkan timbulnya jerawat, alergi, bahkan sampai hilangnya nyawa seseorang akibat dari penggunaan bahan kosmetik berbahaya.

Iya pun menghimbau, “kepada peserta pemilihan Muli-Menganai untuk lebih cerdas dan cermat dengan kriteria-kriteria yang telah disampaikan pada saat sosialisasi tadi,”ujarnya saat ditemui Radar Tuba. (Mad)