Pilar Kualitas dan Kesehatan Bangsa, Bupati : Keamanan Pangan Tanggung Jawab Bersama

26

Radartuba.com, TUBABA- Keamanan pangan merupakan isu penting karena merupakan salah satu pilar kualitas dan kesehatan bangsa, serta menentukan daya saing ekonomi dan perdagangan produk pangan. Untuk itu, pengawalan keamanan pangan harus menjadi prioritas bersama seluruh masyarakat di sepanjang jalur rantai pangan.

Hal ini diungkapkan Bupati Tulang Bawang Barat Hi. Umar Ahmad, SP dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Syakib Arsalan, SE pada kegiatan Kampanye Keamanan Pangan yang diselenggarakan oleh Loka  Pegawas Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Tulang Bawang dalam Rangka Peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia Tahun 2019 di Islamik Center Tubaba, Selasa (18/6/2019)

Bupati menegaskan, penyelenggaraan keamanan pangan harus dilakukan secara holistik, terkoordinasi, dan sistemik di sepanjang hulu sampai hilir rantai pangan (from farm to table), karena potensi risiko bahaya terhadap keamanan pangan dapat terjadi di setiap titik rantai pangan, termasuk juga pangan impor. “Oleh karena itu, pengawasan terhadap penerapan keamanan pangan merupakan tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat, termasuk juga kalangan akademisi/perguruan tinggi dan media,”ungkapnya.

Dalam hal ini, lanjutnya, Badan Pengawasn Badan POM sebagai lembaga non kementerian yang mempunyai kewenangan penuh di dalam melakukan pengawasan obat dan makanan harus kita dukung keberadaannya. “Kita harus bergerak bersama, membangun sinergitas dalam melaksanakan pengawasan obat dan makanan, karena memang pelaksanaan tugas ini akan sulit apabila hanya dibebankan pada satu institusi saja,”ujarnya.

BACA JUGA:  Ayo Daftar..!!! Sipencatar Polbit STTD Bekasi Resmi Dibuka

Oleh sebab itu, Pemkab Tubaba menyambut baik kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) dalam bentuk Kampanye Keamanan Pangan yang diselenggarakan di Tubaba tersebut, dengan harapan apa yang telah dicanangkan dalam kampanye ini dapat tercapai di dalam menjamin obat dan makanan yang aman bagi masyarakat, khususnya masyarakat di bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

“Marilah kita memantapkan kebersamaan dan meneguhkan komitmen untuk melaksanakan pengawasan terhadap makanan yang ada di sekitar kita, demi tercapainya masyarakat yang sehat dan sejahtera,”pungkasnya. Diketahui, setiap tanggal 7 Juni, dunia internasional merayakan “World Food Safety Day” atau Hari Keamanan Pangan Sedunia dan tahun ini Food and Agriculture Organizations (FAO), menetapkan tema Hari Keamanan Pangan adalah “Food safety, everyone’s business” atau “Keamanan pangan, tanggung jawab kita semua”.(ded)