Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Selenggarakan Seleksi Calon Kepala Sekolah

275

Radartuba.com, Tulang Bawang – Untuk mewujudkan amanat Permendikbud No. 6 tahun 2018 tentang penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, sebanyak 286 orang calon kepala satuan pendidikan Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di seluruh Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) mengikuti Wawancara Seleksi Calon Kepala Sekolah.

Wawancara Seleksi Calon Kepala Sekolah tersebut dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan (Disdik) setempat Jalan Cemara Lingkungan Gunung Sakti Kelurahan Menggala Selatan Kabupaten Tulang Bawang.

Sesuai dengan jadwal, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, Senin (17/06) sampai dengan Selasa (18/06).

Tim Verifikasi, Evaluasi, dan Penataan Kepala Sekolah dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasaruddin,S.H.,M.H. dan anggota tim terdiri atas Sekretaris Disdik Yenny Nugraheny, M.Pd., Kabid GTK Yohana Sri Wahyuni, M.Pd., Kabid Dikdas Dediyanto, S.E.,M.M, Plt. Kabid Sarpras Suyono, S.E., Kabid Penmas Das’ad Oktasusiyadin, S.E.,M.H. dan Kasi GTK SMP Medi Syahputra, S. Pd.I.,M.M.

Tujuan wawancara adalah pertama memverifikasi ijazah, sertifikat pendidik, pangkat/gol terakhir, dan sertifikat calon kepala sekolah. Yang kedua mengetahui kemampuan calon kepala sekolah berkomunikasi, menyampaikan & mengelola informasi. Ketiga penegasan & penyamaan persepsi antara Dinas Pendidikan dengan calon kepala sekolah bahwa dalam setiap kebijakan disdik tidak ada uang angsuran, sawer, dll.

BACA JUGA:  Tiyuh Gunung Katun Bagikan Beasiswa

Di samping itu adalah untuk menjamin transparansi pemilihan kepala sekolah.Serta menjamin calon kepala sekolah memiliki satu pemahaman tentang program pemerintah kabupaten Tulang Bawang dan Dinas Pendidikan Tulang Bawang.

Dalam kata pengantarnya Kepala Dinas Pendidikan mengatakan,”Di samping itu tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu dari semua jenjang satuan pendidikan di Tulang Bawang. Kalau semua kepala sekolahnya bermutu diharapkan pendidikan di Kabupaten Tulang Bawang juga akan berkembang secara signifikan. Dan muaranya tentu menjadikan Kabupaten Tulang Bawang menjadi kabupaten yang maju.”

“Bapak dan ibu calon kepala sekolah harus bersinergi, saling mendukung, dan bekerja sama dengan berbagai pihak menyosialisasikan 25 program unggulan pemerintah Kabupaten Tulang Bawang. Selain itu mewujudkan keterlaksanaan program unggulan Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang yakni Gerakan Sekolah Hijau (Green School) dan Ayo Belajar Subuh,” demikian Kadisdik Nasaruddin menandaskan. (rus)