Usai Lebaran, Pencaker di Tubaba Meningkat

33

Radartuba.com, TUBABA -Usai lebaran, jumlah pencari kerja (Pencaker) di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menunjukkan peningkatan. Hal itu terlihat dari data jumlah pencaker yang mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tubaba untuk membuat Kartu Tanda Pencaker (Kartu Kuning).

Meski begitu, sejak awal masuk pertama pasca cuti bersama libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Disnakertrans Tubaba baru mencatat sekitar 20-an pencaker. Namun, angka ini diprediksi akan terus bertambah mengingat usai lebaran biasanya menjadi moment bagi masyarakat dalam mencari kerja, baik di di seputaran Provinsi Lampung ataupun keluar daerah seperti di Pulau Jawa misalnya.

Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Bina Penta) pada Disnakertrans Kabupaten Tubaba, Arum Lestari, SKM, MM, mengatakan, sejak Januari hingga Mei, penerbitan kartu kuning terbanyak ada di bulan Januari, yakni mencapai 30-an kartu. Sementara, mulai bulan Februari sampai Mei lalu sangat sepi.

“Nah, mulai banyak lagi ya usai lebaran ini dan setiap tahun memang seperti itu, karena momentnya juga pas kelulusan siswa SMA. Baru pertengahan bulan saja, sudah 25 lebih kartu yang kita terbitkan dan ini kemungkinan akan terus bertambah. Ada yang basis pendidikannya sarjana, tapi kebanyakan dari mereka baru saja lulus sekolah SMA tahun ini,”ungkapnya mendampingi Kepala Disnakertrans Tubaba Hasan Badri, SH di ruang kerjanya, Jum’at (14/6) pagi.

BACA JUGA:  Pemkab Pastikan Tidak Ada Malam Resepsi dan Pesta Rakyat HUT ke-10 Tubaba

Mengenai syarat dalam pembuatan kartu kuning tersebut, dia menyebutkan sangat mudah sekali. Pencaker cukup membawa fotocopy KTP, fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai, serta Pas Photo ukuran 2×3 dan 3×4 masing-masing 1 lembar. Berkas persyaratan kemudian dimasukkan ke dalam map.”Asal persyaratan lengkap, bisa langsung jadi hari itu juga,”pungkasnya. (ded)