Hari Pertama Kerja Pasca Cuti Lebaran, Kehadiran ASN Dilaporkan Langsung Ke kemenpan-RB

31

Radartuba.com, TUBABA – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mangkir pada hari pertama masuk kerja pasca cuti bersama libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2019, Senin (10/6/2019). Meski begitu, tingkat kehadiran ASN di daerah setempat secara umum tetap tinggi, yakni mencapai 97 persen.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Kabupaten Tubaba, dari 871 ASN yang bertugas di lingkungan pemkab setempat, hanya 26 orang ASN yang tercatat tidak hadir di hari pertama kerja pasca lebaran ini.

“Yang tidak hadir ini, 14 orang masih dalam tugas belajar Diklatpim, 2 orang izin, Sakit 5 orang, dan Cuti Bersalin 2 orang. Sedangkan 3 ASN lainnya tercatat tanpa keterangan,”ungkap Dedi Irawan, S.Kom, MM, Kabid Pembinaan, Pengembangan, dan Data pada BKD Kabupaten Tubaba, kepada radartuba.com melalui telepon, Senin (10/6/2019) sore.

Menurutnya, kehadiran ASN di Tubaba sudah dilaporkan langsung ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Kehadiran ASN Nasional (Sidina). Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan surat Menpan-RB yang memerintahkan untuk menyampaikan laporan hasil pemantauan kehadiran ASN pasca cuti lebaran di setiap daerah.”Laporan sudah kita input melalui aplikasi tersebut sekitar pukul 13.30 WIB tadi dan terkonfirmasi sudah masuk,”terangnya.

Dedi menyebutkan, bagi ASN yang tidak hadir tanpa keterangan akan diberlakukan sanksi, namun sanksi atas ketidakhadiran ASN tersebut ditentukan langsung oleh Kemenpan-RB. Dengan demikian, pihaknya hanya menunggu rekomendasi dari pusat terkait sanksi ini.”Jadi Menpan yang akan memberikan sanksi. Kita pemerintah daerah siap melaksanakan apa yang menjadi keputusan Menpan nantinya,”tukasnya.

BACA JUGA:  Pemkab Terus Menggugah Perusahaan Salurkan CSR

Sementara itu, pada apel perdana pasca cuti lebaran yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Tubaba pagi harinya, Wabup Fauzi Hasan, SE, MM menyampaikan ucapan mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh Pegawai Pemkab Tubaba yang terdiri dari ASN dan pegawai honorer.

Fauzi juga mengingatkan bahwa waktu libur sudah berakhir dan seluruh ASN diminta untuk kembali bekerja seperti hari-hari biasanya.”Libur sudah usai, mari kita kembali melakukan tugas kita untuk membantu kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Dan bagi para ASN yang tidak mengikuti apel akan diberi sanksi tegas,”ujarnya.

Seusai apel, dilanjutkan dengan acara halal bi halal. Seluruh pegawai terlihat antusias berbaris dan bersalaman-salaman secara bergiliran dengan Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP, Wabup Fauzi Hasan, SE, MM, Sekdakab Herwan Sahri, SH, M.AP serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. (ded)