Hasil Pileg DPRD Tubaba, KPU Pastikan Tidak Ada Gugatan ke MK

249

Radartuba.com, TUBABA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) memastikan tidak ada gugatan peserta Pemilu DPRD Kabupaten setempat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Meski begitu, KPU Tubaba belum bisa menetapkan hasil pemilu legislatif tersebut sebelum diterbitkannya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) oleh MK.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tubaba Yudi Agusman, SE, mengatakan, tidak adanya gugatan ke MK tersebut dapat diketahui melalui situs resmi MK.”Dari 325 gugatan yang ada di MK, untuk lokus Tubaba khusus pemilu DPRD kabupaten tidak ada gugatan,”ungkapnya kepada Radar Tuba melalui telepon, Minggu (26/5/2019) malam.

Dengan tidak adanya gugatan ke MK tersebut, lanjutnya, KPU bisa menetapkan hasil Pemilu DPRD Kabupaten Tubaba, mengingat masih ada dua tahapan yang harus dilaksanakan KPU Tubaba, yakni penetapan perolehan kursi DPRD dan calon legislatif terpilih. Hal ini menurutnya sesuai dengan Peraturan MK Nomor 1 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan MK Nomor 5 tahun 2018 tentang Tahapan, Kegiatan, dan Jadwal Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum.

BACA JUGA:  Kapolres Tuba Pimpin Apel Serpas Tahap Pungut Suara

“Berdasarkan PMK nomor 1 tahun 2019, jika  tidak ada gugatan ke MK maka KPU bisa menetapkannya paling lambat 3 hari sejak dikeluarkannya BRPK oleh MK. Untuk diketahui, BRPK tersebut diterbitkan tanggal 1 Juli 2019, jadi penetapannya sekitar tanggal 2,3, atau 4 Juli,”tandasnya.

Yudi menyebutkan, MK sebelumnya telah membuka ruang bagi peserta pemilu termasuk peserta pileg DPRD kabupaten untuk mengajukan gugatan ke MK pasca pengumuman hasil rekapitulasi nasional.”Sejak diumumkan oleh KPU RI tanggal 21 Mei lalu, ada waktu 3×24 jam untuk mengajukan gugatan ke MK. Tapi tidak ada gugatan untuk Pemilu DPRD Kabupaten Tubaba. Jadi tidak ada masalah untuk penetapan, dan acuannya hanya menunggu diterbitkannya BRPK tersebut,”pungkasnya. (ded)

52 Views