BPOM Tuba 2 Hari Sidak Makanan Kemasan dan Takjil

32
Kepala BPOM Tulang Bawang Tuti Nurhayati didampingi Rahmatullah Kabid perdagangan dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Mesuji saat memberikan keterangan terkait sidak yang dilakukan senin (20/05). Foto Misdi

Radartuba.com, MESUJI -Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Tulang Bawang melakukan Sidak Produk Makanan Kemasan, yang dijual di Minimarket,dan makanan untuk berbuka puasa (Takjil) dibilangan Desa Brabasan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Senin (20/05).
Sidak yang dilakukan oleh LOKA POM Tulang Bawang tersebut didampingi oleh Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan dan Dinas Koprasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mesuji.
Dengan turunnya badan POM tentu menjadi perhatian serius terkait makanan kesehatan yang di konsumsi masyarakat Mesuji di bulan Suci Ramadhan 1440 H, tahun 2019
“Kami juga berharap LOKA POM dapat terus intens memberikan pengawasan makanan di Mesuji, semua itu demi terjaganya makanan sehat yang di konsumsi masyarakat Mesuji, “Kata Rahmatullah , Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koprasi, UMKM, Perindustrian dan Perdaganan Mesuji.
Sedangkan menurut Ismail Fatoni kepala Bidang Farmasi dari dinas kesehatan menjelaskan bahwa kegitan sidak badan Pom rutin dilakukan untuk mencegah bahan-bahan makanan yang berbahaya.
” Sidak rutin dilakukan oleh dinas kesehatan bersama Badan Pom terlebih di bulan puasa sebab di bulan puasa banyak beredar makanan yang dijual dan sidak yang dilakukan untuk mencegah makanan-makanan yang tidak layak dan berbahaya,”terangnya.
Kepala LOKA POM, Kabupaten Tulang Bawang, Mesuji dan Tulang Bawang Barat, Tuti Nurhayati, SSI Apoteker bersama Tim Sidak mendapati Barang makanan kemasan yang sudah rusak dan waktu expired date.
Berikut barang yang ditemukan dan tidak layak jual di Ritel Indomart Desa Brabasan, Bear Brand Neslte, Kremer Kental Manis, Frisian Flag, Kin Fresi, Cocopanda, Kremer Coklat, Botol Sarden, Yeos Cincau dan Pregers Chease.
Sementara, Tuti merekomendasikan kepada petugas Minimarket agar sejumlah barang yang ditemukan tidak layak konsumsi segera dilakukan pengembalian barang kepada pihak Suplayer barang.
“Kami meminta barang yang tidak layak konsumsi tersebut tidal lagi dijajakan atau dijual kembali, kemudian pihak minimarket pun harus segera meretur barang kepada pihak Suplayer sehingga mendapatkan barang yang baru, “Kata Tuti, Kapala LOKA POM Tiga Daerah tersebut.
Selain menyidak supermarket pihak POM Tulang Bawang juga menyidak makanan yang dijual di bulan suci Ramadhan 1440 hijriah yaitu makanan yang digunakan untuk berbuka puasa (Takjil).
Yang dijual du seputaran Tugu macan desa Brabasan.
” Kita sengaja turun ke Mesuji dan rencanany kita berada di Mesuji selama dua hari karena wilayah pengawasan kita ada tiga kabupaten yaitu selain Tulaang Bawang,Tulang Bawang Barat dan Mesuji,”Tukasnya (mis)