SMPN 3 Penawartama Jalani Verifikasi Akreditasi Sekolah

37

Radartuba.com, Penawartama – Akreditasi merupakan faktor penting bagi sebuah lembaga pendidikan. Hal ini menjadi tolok ukur kualitas pendidikan di lembaga pendidikan tersebut. Oleh karena itu setiap sekolah akan berusaha secara maksimal agar memperoleh nilai yang memuaskan pada saat diakreditasi.
Hal seperti tersebut di atas juga berlaku bagi SMP Negeri 3 Penawartama. Setelah menjalani penilaian akreditasi pada tahun 2013 lalu, kini sekolah tersebut kembali melaksanakan akreditasi lagi. Tujuannya, tidak lain yaitu untuk melihat perkembangan sekolah tersebut dari tahun ke tahun.
Pelaksanaan akreditasi sekolah dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 16 sampai dengan 17 Mei 2019.
Pada pelaksanaan akreditasi tahun ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah /Madrasah (BANSM) Provinsi Lampung menugaskan tim asesor yang terdiri atas 2 orang, yaitu : Suyono, S. Pd. dan Drs. Elfaizi., sesuai dengan surat nomor : 64/BAN-SM/LPG/IV/2019 tanggal 10 April 2019.
Kegiatan visitasi dilakukan melalui observasi lapangan, observasi kelas, dan wawancara dengan warga sekolah dalam rangka verifikasi serta validasi terhadap data dan informasi yang diberikan oleh sekolah melalui instrumen akreditasi.
‘’Ini adalah pelaksanaan akreditasi yang kedua. Pada akreditasi sebelumnya, tahun 2013 silam kami mendapatkan nilai 73 dengan predikat akreditasi B,’’ tutur Kepala SMPN 3 Penawartama, Rustoyo, S. Pd. dalam kata sambutannya pada acara pembukaan penilaian akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), Kamis (16/5).
Dalam kesempatan yang sama ketua tim asesor, Suyono, S. Pd. mengatakan, “Penilaian BAN terkait mutu pendidikan sekolah meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kedelapan standar itu adalah Standar isi, standar proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian.Oleh karena itu, kami akan melakukan pemantauan di sekolah secara menyeluruh dan detail”.
Sebelum kegiatan visitasi ini sekolah telah mengisi instrumen yaitu Daftar Isian Akreditasi (DIA) pada Sistem Penilaian Akreditasi (SISPENA) secara online. Hari ini (16/5) tim asesor datang untuk melakukan verifikasi dan validasi sesuai instrumen yang telah diisi oleh sekolah.
Rustoyo berharap, penilaian kali ini bisa memberikan hasil yang lebih baik, sehingga dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih oleh sekolah yang terletak di Jalan Jambu II Kampung Sidomakmur Kecamatan Penawartama ini. Selain itu, akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap SMPN 3 Penawartama.
Harapan serupa juga disampaikan oleh Pengawas Pembina SMPN 3 Penawartama, Siti Wardiyatmi, M. Pd. Menurutnya, selama ini SMPN 3 Penawartama telah mencapai prestasi yang cukup memuaskan. Dia berharap, prestasi itu tetap dapat dipertahankan. ‘’Kalau bisa ditingkatkan lagi,’’ imbuhnya
Sementara itu asesor yang lain, Drs. Elfaizi menambahkan, “Proses akreditasi ini dapat membawa dampak positif. Baik kepada guru, karyawan, maupun masyarakat pada umumnya. Di dalam akreditasi ini terdapat pembinaan berkelanjutan. Dengan pembinaan tersebut dapat meningkatkan pola pikir guru. Sehingga akan memengaruhi cara mengajarnya kepada para siswa. (rus/ogi)