“Komplek Dunia Akhirat” Tempat Favorit Jelang Buka Puasa

47

Radartuba.com, TUBABA – Berbagai aktivitas dilakukan oleh Umat muslim di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dalam mengisi waktu luang mereka selama bulan Ramadhan 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi ini. Bukan hanya rutinitas beribadah shalat lima waktu, salat sunah Ramadan, dan menjalankan ibadah puasa saja. Namun, ada kebiasaan tersendiri yang selalu dilakukan masyarakat untuk menunggu, menghabiskan waktu hingga saat berbuka puasa tiba.

Berbagai kegiatan yang dilakukan seperti, hanya sekedar tidur-tiduran, nonton tv, main game, mengaji atau membaca Al Qur’an, baca koran dan buku, membeli takjilan menjelang buka puasa, bahkan tidak sedikit yang jalan-jalan atau sekedar ‘nongkrong’ di suatu tempat hingga menjelang berbuka puasa. Sebagian besar dari mereka mengaku, dengan cara seperti itu dapat membuat mereka lupa akan rasa lapar dan haus selama berpuasa.

Sejumlah warga di Kecamatan Tulang Bawang Tengah misalnya, mereka memilih untuk berjalan santai di area Komplek Islamic Center Kabupaten Tubaba, di Kelurahan Panaragan Jaya. Mereka bertempat tinggal tak jauh dari lokasi tersebut, sehingga menjelang waktu buka puasa tiba, mereka bisa segera bergegas pulang dan dengan cepat sampai dirumah.‎ Namun tak sedikit pengunjung dari wilayah sekitar bahkan dari luar kecamatan juga berdatangan ke “Komplek Dunia Akhirat” tersebut.

“Saya hampir setiap sore bersantai di sini dengan istri dan anak saya. Kadang, istri membeli menu berbuka dulu mas, biar gak kehabisan. Baru setelah itu bersantai disini. Kalau malas pulang, kami buka disini, langsung Shalat Maghrib juga dengan pengunjung lainnya,”ungkap Jaya (28), warga setempat di lokasi Islamik Center, Sabtu (18/5/2019).

BACA JUGA:  Kapolres : Begini Caranya Penghina Suku Lampung di Medsos Melakukan Aksinya

Selain bersantai, para pengunjung juga menyempatkan diri berkeliling di lokasi Islamic Center, baik di seputaran Masjid Baitus Shobur 99 Cahaya Asmaul Husna ataupun di Sesat Agung Bumi Gayow Ragem Sai Mangi Wawai yang dikelilingi dengan keindahan taman, sekaligus kolam luas bagaikan danau yang menambah indahnya panorama saat senja tiba.

Mereka saling bercanda, mengobrol‎, sehingga tak terasa waktu buka puasa tiba. Sudah tiga tahun ini mereka bisa menunggu waktu berbuka dengan bersantai di lokasi itu. Selain bernilai religi dan sebagai simbol kekayaan budaya, komplek Islamic Center dianggap sebagai tempat yang cukup asyik untuk bersantai ataupun bercengkerama dengan keluarga.”Jadi tidak terasa mas menunggu bedug Magrib (waktu berbuka),”ujar Yanto, warga Tiyuh Kagungan Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik.

Berbeda dengan Yanto, Eko (23) warga Kelurahan Daya Murni Kecamatan Tumijajar memilih bersantai di tepian kolam yang menyerupai danau di lokasi Islamik Center tersebut, dengan menyaksikan hilir mudik ribuan ekor ikan yang hidup didalamnya. Menurutnya, udara sore hari di lokasi yang rutin dikunjunginya tersebut sangat sejuk sekali.”Biasanya saya dan teman-teman satu jam sebelum buka sudah disini, nah pulang kerumahnya kalau waktu berbuka tinggal 15 menit lagi,”ujarnya.(ded)