Pejabat Tubaba Dipanggil KPK. Ada apa ya…?

171

Radartuba.com, TUBABA -Sejumlah pejabat di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jum’at (17/5/2019) besok di Bandar Lampung. Informasi yang didapat, Bupati Tubaba diminta KPK untuk menghadirkan para pejabat dari unsur Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ), Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), serta Inspektorat daerah setempat.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Sekretaris Inspektorat Tubaba M.Roni, S.Sos membenarkan perihal tersebut. Namun menurutnya, undangan yang disampaikan oleh Pemprov Lampung tersebut bukan terkait kasus tindak pidana korupsi, dan tidak hanya ditujukan bagi pejabat Tubaba saja, tapi unsur yang sama dari seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung juga diminta hadir besok.

”Bukan karena ada masalah atau menyangkut kasus korupsi, tapi kegiatan bersama KPK RI tersebut adalah rapat koordinasi (rakor) UKPBJ, LPSE, Dinas PUPR, dan Inspektorat. Bukan kita saja, tapi rakor ini se-Provinsi Lampung,”ungkapnya kepada radartuba.com melalui telepon, Kamis (16/5/2019) sekitar pukul 14.30 WIB.

Menurut Roni, pihaknya (inspektorat) akan menghadiri undangan KPK tersebut, begitu juga dengan unsur lainnya yang juga diminta hadir dalam rakor itu.”Ya kita harus hadir karena ini kegiatan KPK. Yang jelas, perihal undangan ini sudah kami sampaikan kepada beberapa unsur-unsur tersebut. Informasinya mereka juga akan hadir besok, mudah-mudahan tidak ada halangan,”terangnya.

BACA JUGA:  Pelajar SMU Yang Jadi DPO Curat Akhirnya Menyerahkan Diri Ke Kantor Polisi

Dia menambahkan kegiatan yang akan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB tersebut rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo.”Berdasarkan surat yang kami terima acara dimulai pukul 08.00 WIB sampai 11.30 WIB di Pemkot Bandar Lampung,”tutupnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa pada Setdakab Tubaba, Haderiansyah Priala Hatang, S.STP, MH juga turut mengamini adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan itu berkaitan dengan UKPBJ, LPSE, Dinas PUPR, dan Inspektorat.”Iya besok ada acara rakor dengan KPK, kalau undangannya dari Pemprov Lampung,”ulasnya. Hal senada juga dikatakan oleh Barmawi, SE, MM, Kabag Administrasi Pembangunan dan LPSE. Bahkan dia menyatakan akan hadir tanpa berwakil.”Iya, besok kita hadir dalam rakor tersebut,”singkatnya melalui pesan whatsapp.

Kegiatan rakor yang digelar oleh KPK RI ini akan berlangsung di Gedung Semergow Komplek Pemkot Bandar Lampung. Hal ini diketahui berdasarkan surat dari Pemprov Lampung Nomor : 800/611/IV.01/2019, tanggal 15 Mei 2019 perihal Rakor dan Supervisi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi yang ditujukan kepada Bupati/Walikota se-Lampung. Surat tersebut menindaklanjuti Surat Deputi bidang Pencegahan Pemberantasan Korupsi Nomor : 4017/KSP.00/10-16/05/2019 tanggal 8 Mei 2019. (ded)