Populasi Ikan Berkurang, Pemkab Lakukan Restocking

76

Radartuba.com, TUBABA – Sudah lama tak dilakukan, Pemkab Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Perikanan setempat kembali me-restocking (penyetokan ulang) benih ikan di wilayah perairan kabupaten setempat, Rabu (15/5/2019). Namun, kegiatan dalam rangka meningkatkan populasi berbagai jenis ikan‎ air tawar di Tubaba ini masih sebatas pada embung – embung (galian) yang telah dibuat oleh pemerintah.

Pada kegiatan restokcing kali ini, ada ribuan benih Ikan Nila Super yang ditebar di 2 (dua) lokasi embung, yakni di belakang Kantor Pemda Tubaba dan embung rumah dinas bupati. Langkah restocking benih ikan ini dilakukan untuk membudidayakan ikan air tawar sekaligus memperindah embung yang ada.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Tubaba, Syakib Arsalan, SE, mengatakan bahwa, tujuan penebaran (restocking) benih ikan tersebut tak lain adalah sebagai wujud upaya pelestarian embung dan populasi ikan air tawar di Tubaba.“Mudah-mudahan, dengan penebaran bibit ikan ini memberikan kelestarian ekosistem perairan khususnya di embung tersebut, sehingga dapat membantu pelestarian alam,”singkatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Tubaba, Hidarsan, SH, MM, didampingi Kabid Perikanan Budidaya, Satyono Jati Utomo, ST, MT, mengatakan populasi ikan pada embung tersebut sudah mulai berkurang, sehingga dianggap perlu untuk ditebar bibit kembali.”Yang jelas ini dilakukan agar pembiakan ikan terus berlangsung di perairan tersebut,”ungkapnya kepada wartawan dilokasi restocking.

BACA JUGA:  Bupati Respon Positif Usul Perubahan Nama Gerbang Tol

Dia menyebutkan, ada sekitar 6 ribu ekor benih ikan yang ditebar di dua embung tersebut, masing-masing embung ditebar 3 ribu ekor benih. Terkait pemeliharaan, Kabid Perikanan Budidaya, Satyono Jati Utomo menambahkan bahwa, tidak ada pemeliharaan khusus bagi ikan yang telah dilepas itu.”Semuanya kita biarkan alami, karena makanan alami banyak terdapat di lokasi embung tersebut,”tandasnya. (ded)

,