Dinas Koperasi dan UKM Tuba Lakukan Pendataan dan Verifikasi Koperasi

52

Radartuba.com, Tulang Bawang – Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia melalui Dinas Koperasi dan UKM Tulangbawang melakukan pendataan dan verifikasi koperasi yang akan dibubarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Selasa (14/5/2019)

Kepala dinas Koperasi dan UKM Tulangbawang Haryanto SE, M.Ec.Dev menjelaskan, berdasarkan surat keputusan kementerian koperasi dan usaha kecil menengah republik indonesia nomor 114/KEP/M.KUKM.2/VII/2016 perihal tentang pembubaran koperasi.

Data koperasi yang akan dibubarkan oleh kementerian koperasi dan UKM RI di seluruh indonesia berjumlah 32.778 koperasi, diantaranya diwilayah provinsi lampung yang berjumlah1.639 koperasi mencakup wilayah kabupaten Tulangbawang yaitu 71 koperasi.

“30 koperasi dari 71 koperasi akan di bubarkan di Tulangbawang yang mana telah dilakukan pendataan dan verifikasi di lapangan, berdasarkan surat keputusan kepala dinas nomor : 800/06/V.15/TB/III/2019 tentang tim penyelesaian pembubaran koperasi,”jelasnya

Adapun kriteria koperasi yang akan dibubarkan sebagai berikut :

  1. Koperasi tidak memenuhi ketentuan dalam undang – undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian,dan atau tidak melaksanakan ketentuan dalam anggaran dasar koperasi yang bersangkutan.
  2. Kegiatan koperasi bertentangan dengan ketertiban umum dan atau kesusilaan yang dinyatakan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang pasti
  3. Koperasi dinyatakan pailit berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang pasti
BACA JUGA:  Agar Hasil Panen Maksimal, Puluhan Petani Se-Tulangbawang Ikuti Penyuluhan

4.koperasi tidak melakukan kegiatan usaha secara nyata selama dua tahun berturut – turut terhitung sejak tanggal pengesahan akta pendirian.

  1. Akta pendirian koperasi yang sudah habis masa berlakunya.

Dari pendataan dilapangan, rata – rata koperasi yang masuk kedalam kriteria koperasi yang akan dibubarkan yaitu koperasi yang akta pendirian koperasinya dibawah tahun 2005 – 1990. Hasil verifikasi ini akan diserahkan oleh dinas koperasi dan ukm Kabupaten Tulangbawang melalui dinas koperasi dan ukm provinsi lampung ke kementerian koperasi dan ukm republik indonesia.(Mad)