Demi Keselamatan Penumpang, Angkutan Lebaran Wajib Laik Jalan

51

Radartuba.com, TUBABA- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan melakukan pemeriksaan laik jalan terhadap seluruh kendaraan angkutan lebaran, khususnya armada bus yang beroperasi di daerah setempat. Hal ini guna memastikan kondisi bus yang akan mengangkut penumpang mudik dan balik lebaran dalam keadaan laik jalan, sehingga keselamatan penumpang terjamin.

Kepala Dishub Kabupaten Tubaba, Marwan, SE mengatakan, pemeriksaan angkutan lebaran tersebut akan dilakukan pekan depan di Terminal Mulya Asri, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.“Pelayanan angkutan lebaran wajib mengutamakan keselamatan para penumpang. Untuk itu, kami harus memastikan kondisi kendaraan laik jalan demi memberikan rasa aman kepada calon penumpang,”ungkapnya saat ditemui radartuba.com di ruang kerjanya, Selasa (14/5/2019) siang.

Secara teknis, lanjutnya, komponen utama yang akan diperiksa yaitu keadaan mesin, sistem atau fungsi pengereman, kondisi ban kendaraan, pesawat kemudi/setir, lampu kendaraan, spion, wiper, hingga fasilitas tanggap darurat (obat-obatan). “Tidak hanya kondisi fisik saja, tapi kelengkapan administrasi kendaraan juga akan turut diperiksa, seperti buku KIR, kelengkapan surat kendaraan, izin trayek, termasuk SIM sopir kendaraan tersebut,”cetusnya.

Menurutnya, jika tidak sesuai dengan standar pemeriksaan, maka kendaraan tersebut tidak akan dinyatakan laik jalan, sementara bagi angkutan atau kendaraan yang laik jalan akan ditandai dengan stiker angkutan lebaran.”Bus angkutan umum di Tubaba hanya ada sekitar 10 unit, yang melayani trayek Tubaba – Rajabasa, Tubaba-Kotabumi, Tubaba-Unit  II, dan Tubaba-P.Jawa. Kita lihat nanti, apakah semuanya laik jalan atau tidak,”ulasnya.
Marwan juga menghimbau agar pengelola bus angkutan umum tidak mengabaikan kelayakan kendaraan, sebab hal itu demi keselamatan penumpang dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas.“Kalau tidak laik jalan ya jangan dipaksakan, karena rasa aman dan keselamatan penumpang harus diutamakan. Untuk itu, kami juga menghimbau agar masyarakat atau calon penumpang dapat lebih selektif dalam memilih kendaraan angkutan lebaran. Yang jelas, laik jalan ditandai dengan stiker angkutan lebaran,”pungkasnya. (ded)