Ada Pelanggaran, Pengawas Sekolah Harus Tegas

19

Radartuba.com, TUBABA – Pengawas sekolah di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) diminta untuk berani bertindak tegas terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan oleh guru di sekolah. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tubaba , Ir. Amrullah, MT saat berbincang-bincang dengan wartawan, Selasa (14/5/2019) siang.

Amrullah mengatakan, salah satu wujud ketegasan yang bisa dilakukan adalah melaporkan segala bentuk perilaku oknum guru yang mengarah pada pelanggaran kepada Dinas Pendidikan. Namun, kata dia, hal tersebut (laporan) masih sangat jarang dilakukan.”Saya berharap pengawas sekolah dapat bertindak tegas, jika ada laporan dan temuan di lapangan berkaitan dengan kinerja guru yang bermalasan, terutama guru yang telah memperoleh tunjangan sertifikasi guru tapi tidak disiplin dan justru jadi penyakit (provokator) disekolah,”cetusnya.

Menurutnya, pengawas harus berani melaporkan oknum-oknum guru yang tidak disiplin, terutama guru yang telah bersertifikasi namun tidak cakap dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar.”Kalau gurunya tidak disiplin dan semau-maunya melakukan tindakan di sekolah, segera laporkan, jangan dikira tidak masalah, tunjangan sertifikasinya bisa dicabut pemerintah,”tegasnya.

Di satu sisi, Amrullah menegaskan bahwa satuan tenaga pendidikan di setiap sekolah harus solid dalam berbagai aktivitas di sekolah.”Hampir setiap ada kegiatan kunjungan Bupati saya ikut, dan menyempatkan waktu secara terpisah untuk sidak di sekolah yang berdekatan dengan kegiatan kabupaten, bisa 2 sampai 3 sekolah yang saya kunjungi,”ulasnya.

BACA JUGA:  Rumah Pinktar, Tempat Belajar Komputer Gratis Untuk Anak Dipasena

Oleh sebab itu, dia mengaku mengetahui persis kondisi sebenarnya yang ada di sekolah-sekolah, bahkan ada beberapa catatan sekolah yang sedang dalam pantauannya.”Ada yang aneh lagi, kepala sekolahnya sedang menata situasi sekolah, berbenah dan proaktif menghidupkan suasana di lingkungan sekolah, namun justru ada oknum gurunya yang justru berseberangan dan meresahkan situasi di sekolah. Mungkin tidak terbiasa dengan suasana aktif dan disiplin, ini akan segera kita evaluasi dan berharap pengawas juga mengambil tindakan tegas,” pungkasnya. (ded)