Diduga Fenomena Upwelling, Ribuan Ikan Mendadak Mati

56

Radartuba.com, TUBABA – Ribuan ikan di Galian Kandung Piyos Tiyuh Karta, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tiba-tiba mati, Senin (13/5/2019) dini hari. Kematian massal berbagai jenis ikan yang dibudidayakan oleh Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Kandung Piyos tiyuh setempat dalam keramba apung ini sangat cepat.

Kerugian yang dialami pokdakan akibat kejadian ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Diduga, fenomena upwelling (pembalikan massa air/munculnya limbah pakan dari dasar air ke permukaan yang menyerang ikan) menjadi penyebab matinya ikan-ikan keramba tersebut, sebab ikan yang terkena fenomena ini bisa langsung mati hanya dalam hitungan menit.

“Untuk sementara kita prediksi ini fenomena upwelling, yakni sisa pakan yang ada di dasar rawa ini teraduk ke atas sehingga meracuni ikan,”ungkap Toto didampingi Winarto Penyuluh Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Tubaba saat berbincang dengan wartawan di lokasi Fenomena Kandung Piyos Tiyuh Karta, Senin (13/5/2019) pagi.

Selain itu, lanjutnya, kematian massal ikan-ikan tersebut bisa juga disebabkan oleh pemberian pakan yang berlebih dan kadar oksigen yang berkurang. “Sedangkan ikan-ikan yang mati adalah jenis ikan yang membutuhkan kadar oksigen tinggi. Tapi untuk pastinya kita tunggu hasil lab Balai Karantina Ikan Bandar Lampung,”terangnya.

BACA JUGA:  Generasi Muda Harus Berkarakter dan Punya Jati Diri

Sementara, Sunaidi Romli salah satu anggota Pokdakan mengaku bahwa dirinya merugi puluhan juta rupiah atas fenomena tersebut. “Yang bisa diselamatkan kira-kira hanya sebagian saja. Yang jelas, kami berharap Pemkab Tubaba dapat membantu agar usaha ini dapat dikelola kembali, dan kedepannya kami harap dapat memberikan pendampingan tekhnis budidaya ikan melalui instansi terkait kepada pokdakan ini,”harapnya.

Disisi lain, Heru yang juga mengelola keramba apung berukuran 3×10 meter sejumlah 3 unit mengaku belum mendapatkan dampak yang signifikan dari fenomena upwelling tersebut.”Alhamdullilah kalau ikan yang ada di keramba saya sampai saat ini masih aman. Saya pelihara ikan Patin, Nila dan Lele,”singkatnya. (ded)